Tuhan Membuatku Bersukacita

Seorang anak tampak begitu bergembira ketika di hari ulang tahunnya ia menerima hadiah sepatu roda yang sudah lama ia impikan. Anak itu melompat-

lompat kegirangan dan terus mencium orang tuanya yang telah memberikan hadiah tersebut. Pada dasarnya, kita manusia akan merasa bahagia ketika apa yang kita inginkan bisa kita dapatkan, dan apa yang kita harapkan bisa terwujud. Seperti yang dialami oleh Hana.

Hana sangat bergembira ketika keinginannya untuk bisa memiliki anak dikabulkan oleh Tuhan. Dalam doanya, Hana mengatakan “Hatiku bersukaria karena Tuhan.” Tuhan telah membuat Hana bersukaria dengan mengabulkan doa Hana. Tuhan juga membuat setiap orang percaya bersukacita dengan memberikan sesuatu yang sangat kita butuhkan yaitu iman, pengharapan dan kasih pada Kristus, yang membuat kita dapat mencapai tujuan iman kita yaitu keselamatan jiwa. Iman, pengharapan dan kasih yang Tuhan berikan, membuat kita mampu mengasihi, mampu percaya, mampu bergembira melampaui akal pikiran manusia. Rasul Petrus berkata: “sekalipun kamu belum pernah melihat Dia, namun kamu mengasihiNya. Kamu percaya kepada Dia, sekalipun kamu sekarang tidak melihatNya. Kamu bergembira karena sukacita yang mulia dan yang tidak terkatakan.”

Tidak semua yang kita inginkan dapat kita miliki. Hal ini hendaknya tidak membuat kita sedih, kecewa pada Tuhan dan merasa bahwa “Tuhan tidak ingin melihat aku bahagia.” Ini tidak benar, karena Tuhan Yesus sungguh ingin agar setiap orang yang percaya kepadaNya tetap merasakan gembira dan sukacita dalam situasi, keadaan apapun. Karena itulah, Ia memberikan kepada kita iman, pengharapan, dan kasih yang membuat kita mampu untuk tetap bersyukur dan bersukacita meskipun dalam situasi yang sangat menyedihkan sekalipun. Yesus sayang padaku, Yesus sayang padamu, karena rasa sayangNya, Ia memberikan kepada kita iman, pengharapan, dan kasih sebagi sumber sukacita dan kebahagiaan yang sejati agar kita orang yang percaya padaNya dapat terus bergembira. Tuhanlah yang membuat kita bergembira, bersukacita. ( DS )

 

Bacaan Alkitab: 1 Korintus 14: 1-5, 27-40; 2 Timotius 3: 1-9

Doa: Tuhan Yesus, terimakasih Tuhan atas anugerah yang Tuhan berikan lewat iman. karena di dalam Engkau ada pengharapan dan  kasih kepada kami. Terimakasih Tuhan. Amin