Sehat Sampai Tua

Usia Om Hin (kami para tetangga biasa memanggilnya) sudah tujuh puluh empat tahun. Tapi orang yang tidak tahu mengira usianya masih enam puluhan. Meski Om Hin dan istrinya bisa menikmati hari tua dengan bersantai, keduanya memilih tetap bekerja membuka toko. “Kalau kami menganggur, hanya menonton TV sambil ngemil, nanti malah sakit dan merepotkan anak, ” katanya. Selain tetap membuka toko, mereka aktif terlibat berbagai kegiatan sosial. Karena banyak kegiatan, mereka sehat dan energik untuk ukuran lansia.

Kalau saat ini kita mendapat julukan opa atau oma, pujilah Tuhan karena diberkati umur panjang. Agar di usia tua badan tetap sehat dan pikiran tidak pikun, alangkah baiknya kalau kita tetap aktif melakukan berbagai kegiatan berguna. Alkitab mencatat Barzilai yang menyediakan makanan selama raja Daud tinggal di Mahanaim. Meski sudah sangat tua, Barzilai mengisi masa tuanya dengan melakukan kegiatan berguna, salah satunya menolong raja. Saat Barzilai mendapat tawaran tinggal di Yerusalem, Barzilai menolak. Barzilai tidak mau menjadi beban bagi raja.

Harapan setiap orang tua pasti ingin anak-anaknya hidup dalam takut akan Tuhan dan tidak mau merepotkan anaknya karena sakit. Kalau kebetulan kita masih sehat, marilah jaga kesehatan itu dengan tetap rajin beraktivitas yang positif. Kalau badan mulai sakit-sakitan, mari jaga pola makan dan pola pikir agar bisa sembuh atau minimal sakitnya tidak bertambah parah. Selama kita masih diberi hidup hari ini, mari selalu lakukan kegiatan positif. –RTG/www.renunganharian.net

MELAKUKAN BERBAGAI KEGIATAN POSITIF
BERGUNA MENOLONG KITA TETAP SEHAT SAMPAI TUA.