Sehari Satu Perbuatan Baik

Sesuatu yang dilakukan dengan fokus dan target biasanya akan mendatangkan keberhasilan. Itulah yang saya tangkap saat mendengar pengakuan eks narapidana yang sempat dikenal sebagai spesialis pencuri sepeda motor. Bermula dari target mencuri satu sepeda motor per hari, sebelum insaf orang ini mengaku sudah mencuri lebih dari 1.000 sepeda motor! Setelah bebas dari penjara, ia membuka usaha otomotif dengan mempekerjakan beberapa mantan narapidana. “Saya ingin menebus kejahatan saya dengan berbuat baik, ” akunya.

Tak disangka ya, orang yang berbuat jahat pun memiliki target, fokus, dan ketekunan. Bayangkan jika prinsip yang sama dipakai untuk berbuat baik! Misalnya, sebuah komunitas berisi 5 orang anak muda menargetkan untuk berbuat baik satu kali kepada satu orang, lalu mereka mendorong penerima kebaikan itu agar meneruskan berbuat baik kepada orang lain, bukankah akan terjadi perkara yang luar biasa? Hari ini Alkitab memberi dorongan semangat agar kita lebih tekun dan berkomitmen untuk berbuat baik. Namun, tentu saja kita tak bermaksud agar perbuatan baik kita menjadi ajang pamer atau menyombongkan diri, tetapi sebagai sarana untuk menyaksikan cinta kasih Allah kepada dunia ini, melalui diri kita!

Biarlah dunia ini menyadari bahwa masih ada orang-orang yang berbuat baik karena digerakkan oleh kasih Allah! Bukankah kita lebih suka dikenal sebagai orang baik daripada dikenal sebagai orang jahat? Jadi, maukah kita mulai berbagi kebaikan setiap hari, dengan target minimal satu orang? –GHJ/www.renunganharian.net

DALAM PERBUATAN BAIK, ADA KASIH
YANG DAPAT MENEMBUS HATI YANG BEKU.