Pohon Abadi

Dalam buku yang berjudul “Ancient Trees: Portraits of Time”, Beth Moon, seorang fotografer dari San Francisco, menampilkan foto pohon Zaitun Zalman sebagai salah satu pohon tertua di dunia yang masih berbuah di Israel. Pohon ini diperkirakan berumur 1000 tahun. Jika satu generasi manusia memakan waktu 100 tahun, maka pohon ini adalah saksi hidup untuk 10 generasi!

Tentu saja umur manusia saat ini tak ada yang dapat mencapai 1000 tahun. Dalam Alkitab disebutkan bahwa waktu kita di dunia ini terbatas yakni 70 sampai 80 tahun. Jika lebih dari itu, hal itu adalah bonus dari Tuhan. Namun, sama seperti pohon Zaitun Zalman di atas, kehidupan kita yang terbatas di bumi ini sesungguhnya dapat diisi dengan berkarya seperti pohon yang tidak berhenti menghasilkan buah.

Anugerah luar biasa dalam nas hari ini sama sekali bukan karena kemampuan, kecerdasan atau kekuatan kita sebagai manusia. Tuhan memberikan anugerah ini untuk mereka yang mengandalkan Tuhan, yang menaruh harapannya pada Tuhan (ay. 7). Ayat ini mengandung arti yang dalam karena sama sekali tidak mudah untuk mengandalkan Tuhan pada saat kita mengalami berbagai masalah dan tantangan kehidupan. Oleh karenanya mari kita minta pertolongan dan tuntunan Roh Kudus agar kita dimampukan untuk hidup mengandalkan Tuhan sehingga kita dapat terus berkarya menghasilkan buah seperti pohon abadi. –HC/www.renunganharian.net

ANDALKANLAH TUHAN, MAKA DIA AKAN MEMBUAT KEHIDUPANMU
SEPERTI POHON ABADI YANG TIDAK BERHENTI MENGHASILKAN BUAH.