LITURGI MINGGU,24 MEI 2015

LITURGI IBADAH PENGUTUSAN PENTAKOSTA

MINGGU, 24 MEI 2015

 

Kebaktian       I              Pk. 07.00              : Vik. I Putu Adi Sudarma Yusuf, S.Si. Teol

Kebaktian       II           Pk. 10.00              : Pdt. Drs. I Wayan Sudira Husada, MM

Kebaktian       III           Pk. 18.00              : Pdt. Drs. I Wayan Sudira Husada, MM

 

TEMA : Menjadi Gereja yang bertumbuh bersama Masyarakat

 

SUB TEMA : Bersaksi Melalui Persaudaraan Sejati Di Tengah Masyarakat

 

 

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia

yang memberi kekuatan kepadaku. Filipi 4:13

(Ayat bulan Mei 2015)

 

Persiapan Jemaat                                   : Doa pribadi

                    Persiapan Pendeta, Majelis Jemaat

                    Pemandu Pujian, dan Organis                      : Doa bersama di Konsistori

 

Gong dibunyikan 7 kali (3+3+1) Jemaat bersama-sama berdiri, Majelis (3) keluar dari Konsistori membawa lilin yang menyala sebagai lambang Theopani, diikuti Majelis (7) yang mengambil api lilin untuk dibawa kebalai serbaguna & Majelis (1) yang mengajak Jemaat memulai ibadah.

 

(jemaat diundang berdiri)

  1. PANGGILAN BERIBADAH

Majelis    :     Haleluya! Pujilah TUHAN yang telah melakukan perkara besar di antara kita! Pujilah Allah yang telah datang kembali dalam kuasa rohNya kudus! Biarlah mulut kita penuh dengan pujian untuk menyanyikan syukur bagi Sang Bapa–Anak–Roh, Tritunggal Mahakudus! DiberikanNya Roh Kristus untuk memimpin kita melakukan pekerjaanNya.

Pujian Pembukaan : Inilah Hari Kelimapuluh (KJ. 241:1-3)

 

1) Inilah Hari Kelimapuluh, Hari Pentakosta;

Panen pertama menjadi nampak, panen dari Paskah.

 

Refrein:Untuk siapakah hasil pertama ini?
Untuk Tuhan, Sumber anugerah!

 

2) Biji benih yang telah ditanam dengan air mata

hidup menjadi tumbuhan dan buahnya sudah nyata. Reff…

 

3) Yesus ditanam dan bangkit pula pada masa Paskah,

kini buahNya menjadi nyata pada Pentakosta. Reff…

 

Prosesi Pendeta dan Majelis Jemaat memasuki ruang ibadah

 

  1. VOTUM DAN SALAM

Pdt/PF: Sidang jemaat, Tuhan berkenan hadir bagi kita. Sekarang kita berada dihadapan-Nya. Marilah kita merendahkan hati dihadapan-Nya dan mengaku dengan bersama-sama mengucapkan :

PL + Jem:“Pertolongan kita dalam Ibadah Pentakosta ini datang dari Tuhan yang menjadikan langit dan bumi. Ia tetap setia untuk selama-lamanya”.

Pdt/PF:“Salam sejahtera dari Allah : Bapa, Putra, Roh Kudus, kepada Saudara.”

Jem:Salam sejahtera bagi Saudara juga.

Jem:menyahut5   3   4   5   6   5   4   5 .   .

A   .   .     .     .     .     min

(Jemaat duduk kembali)

  1. INTROITUS : Zakharia 4:6

 

“Bukan dengan keperkasaan dan bukan dengan kekuatan,

melainkan dengan roh-Ku, firman TUHAN semesta alam”

 

 

Jemaat menyanyi : Roh Kudus Kau Hadir Disini

 

Roh Kudus Kau hadir disini.

Roh Kudus Kau mengasihiku

Kau lembut, Kau manis, Kaulah penghiburku.        

Penolongku diutus Bapaku

 

Reff      :                  Kubuka hati untuk Roh-Mu Tuhan.

                                    Kubuka hati menyembah-Mu Yesus

Jamahlah kami, penuhi kami

                                           dengan kuasa Allah Mahatinggi

 

4.   PEMBACAAN MAZMUR MINGGU 118:24-29                                                   (MJ. 4)

MJ                 :24   Inilah hari yang dijadikan TUHAN,

Jemaat:marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya!

MJ:25Ya TUHAN, berilah kiranya keselamatan!

Jemaat:Ya TUHAN, berilah kiranya kemujuran!

MJ:26Diberkatilah dia yang datang dalam nama TUHAN!

Jemaat:Kami memberkati kamu dari dalam rumah TUHAN.

MJ:27TUHANlah Allah, Dia menerangi kita.

Jemaat:Ikatkanlah korban hari raya itu dengan tali, pada tanduk-tanduk mezbah.

MJ:28Allahku Engkau, aku hendak bersyukur kepada-Mu,

Jemaat:Allahku, aku hendak meninggikan Engkau.

MJ:29Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik!

Jemaat:Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

MJ:Haleluya!

Jemaat:Amin.

 

  1. DOA BERKAT UNTUK ANAK-ANAK SM/REMAJA

 

  1. DOA PENGAKUAN DOSA

Pdt/PF:Kami menanti-nantikan Dikau. KepadaMu kami berharap. Lepaskanlah kami dari segala dosa dan pelanggaran. Kami sengsara, tidak dapat membuka mulut melawanMu, sebab Engkau sendirilah yang bertindak.  Hindarkanlah kami dari pada pukulanMu, kami remuk karena serangan tanganMu.

Jemaat :PKJ 43 : 1“Tuhan, Kami Berlumuran Dosa”

 

Tu   –   han                     su – di – lah   am – pu – ni   ka   – mi

Pdt/PF      :      Ya Tuhan, hari ini kami mengaku di hadapanMu. Dalam hari-hari pelayanan kami yang telah lalu, seringkali kami tidak setia melakukan kehendakMu. Kami telah melakukan perbuatan yang tidak sesuai dengan hukum-hukumMu. Sehingga hukuman dari padaMu patutlah kami terima. Namun demikian, kasihanilah kami ya Allah menurut kasih setiaMu

Jemaat:   PKJ 43 : 2 “Tuhan, Kami Berlumuran Dosa

 

Tu     –   han                     ha – ti     ma – sih   mi – lik   ka – mi

Pdt/PF      :    Ya Tuhan,Engkau mengajarkan kami untuk menuruti Firman-Mu, dalam tuntunan Roh-Mu, namun kami tidak mau tahu dan bahkan mengacuhkan tuntunan Roh Kudus. Ampuni dan kasihanilah kami menurut kasih setiaMu.

Jemaat:PKJ 43 : 4   “Tuhan, Kami Berlumuran Dosa”

 

Tu     –     han                     su – di   – lah   am-pu – ni   ka   – mi

Pdt/PF      :    Dengarkanlah doa kami, ya TUHAN, dan berilah telinga kepada teriakan kami minta tolong, janganlah berdiam diri melihat air mataku, karena dosa telah menelan kami dan kematian hendak menerkam kami. Ampunilah dan bebaskanlah kami, ya Allah di dalam Yesus Kristus. Amin

 

  1. PEMBERITAAN ANUGERAH : YOHANES 16:13

Pdt/PF :“Apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran”

Jemaat:menyambut dengan berdiri dan saling bersalaman sambil berkata

“Tuhan mengasihi dan mengampuni saudara”

 

  1. PETUNJUK HIDUP BARU : I Korintus 12:3-13

Pdt/PF:12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorang pun yang berkata-kata oleh Roh Allah, dapat berkata: “Terkutuklah Yesus!” dan tidak ada seorang pun, yang dapat mengaku: “Yesus adalah Tuhan”, selain oleh Roh Kudus. 12:4 Ada rupa-rupa karunia, tetapi satu Roh. 12:5 Dan ada rupa-rupa pelayanan, tetapi satu Tuhan. 12:6 Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah adalah satu yang mengerjakan semuanya dalam semua orang. 12:7 Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama. 12:8 Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. 12:9 Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan. 12:10 Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mujizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu. 12:11 Tetapi

 

semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya. 12:12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. 12:13 Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.

Jemaat Menyanyi : Roh Kudus, Turunlah (KJ. 233:1-3)

 

1) Roh Kudus, turunlah dan tinggal dalam hatiku,

dengan cahaya kasihMu terangi jalanku!

ApiMulah pembakar jiwaku,

sehingga hidupku memuliakan Tuhanku.

 

2) Bagaikan surya pagi menyegarkan dunia,

kuasaMu membangkitkan jiwa layu dan lemah.

Curahkanlah berkat karunia;

jadikan hidupku padaMu saja berserah!

 

3) Syukur padaMu, Roh Kudus, yang sudah memberi

bahasa dunia baru yang sempurna dan suci.

Jadikanlah semakin berseri

iman dan pengharapan serta kasih yang bersih

(Jemaat duduk kembali)

  1. PEMBERITAAN FIRMAN                                
  2. Doa untuk Pembacaan Firman dan Kotbah
  3. Pembacaan Firman: Yohanes 14:23-27                                              (Pdt/PF)
  4. Kotbah

 

  1. SAAT TEDUH (diiringi instrumental)

 

  1. PADUAN SUARA/VG

(Jemaat berdiri)

  1. PENGAKUAN IMAN RASULI                                                                                  (MJ. 5)

(Jemaat duduk kembali)

  1. PELAYANAN SAKRAMEN BAPTIS ANAK-ANAK & PENEGUHAN IMAN (SIDI) – Ibadah II
  2. Titah Baptisan
  3. Keterangan mengenai Baptisan Anak-Anak
  4. Arti dan Tanda Baptisan
  5. Pujian : Berserah Kepada Yesus (KJ. 364:1-3)

 

1) Berserah kepada Yesus tubuh, roh dan jiwaku;

kukasihi, kupercaya, kuikuti Dia t’rus.

Reff:Aku berserah, aku berserah;

kepadaMu, Jurus’lamat, aku berserah!

2) Berserah kepada Yesus di kakiNya ‘ku sujud.

Nikmat dunia kutinggalkan; Tuhan, t’rima anakMu! Reff…

3) Berserah kepada Yesus kuberikan diriku.

B’rilah Rohmu meyakinkan bahwa Kau pun milikku! Reff…

 

 

  1. Pertanyaan kepada orang tua dan anak-anak
  2. Pelaksanaan Baptisan Anak-Anak
  3. Peneguhan Iman (Sidi)
  4. Doa dan Berkat
  5. Persembahan keluarga diiringi pujian : Biar ‘Ku Tumbuh Di BatangMu (KJ 309:1-dst)

1) Biar ‘ku tumbuh di batangMu, ya Pokok Anggur yang benar,

Supaya Kau hidupkan daku menjadi ranting yang segar.

Beri berkat, aku berbuah yang lebat.

 

2) Tak mungkin aku ‘kan mandiri, aku lemah diluarMu.

Hanya di dalamMu sendiri limpahlah hidup bagiku.

OlehMu buahku lebat; yang tak berbuah dikerat.

 

3) DenganMu saja ‘ku bersatu, tak tercerai sesaat pun.

KasihMu pandu di jalanku; ‘ku hidup oleh hidupMu.

Dengan salibMu ‘ku menang, jikalau Kauberi terang.

 

4) Diriku milikMu abadi, Engkau tumbuhkan imanku.

Yang dalam aku Kaumulai Kausempurnakan bagiMu.

OlehMu kuncup merekah, hingga berbuah yang lebat.

 

  1. PELANTIKAN PENGURUS WARGA SENIOR “KRISTYA JATI” WILAYAH KOTA DENPASAR – Ibadah III

 

15. BERITA JEMAAT                                                                                                         (MJ. 1)

 

  1. DOA SYAFAAT

 

  1. PERSEMBAHAN : Imamat 19:9-10

19:9 Pada waktu kamu menuai hasil tanahmu, janganlah kausabit ladangmu habis-habis sampai ke tepinya, dan janganlah kaupungut apa yang ketinggalan dari penuaianmu. 19:10 Juga sisa-sisa buah anggurmu janganlah kaupetik untuk kedua kalinya dan buah yang berjatuhan di kebun anggurmu janganlah kaupungut, tetapi semuanya itu harus kautinggalkan bagi orang miskin dan bagi orang asing; Akulah TUHAN, Allahmu.

 

Hari ini kita juga akan membawa persembahan khusus di kotak/tempat yang telah disiapkan, kiranya persembahan ini akan dapat lebih banyak lagi menjangkau jiwa-jiwa untuk mendengarkan Injil Tuhan. Persembahan khusus ini akan di pakai untuk rencana pembangunan gedung gereja JKK dan memperteguh iman, juga karakter Pemuda GKPB dan Guru-Guru Sekolah Minggu sebagai pengajar anak-anak sekolah minggu GKPB melalui Pelatihan Penginjilan (EE) ke Malang pada bulan Juni 2015, minimal seluruh wilayah GKPB terwakili. Kita bersuka cita semua bersaksi melalui Persaudaraan Sejati di Tengah Masyarakat.

Jemaat Menyanyi: Rindukah Engkau Mendapat Berkat Tuhan (NKB. 100:1-dst)

1) Rindukah engkau mendapat berkat Tuhan yang penuh

Di seluruh hidupmu?

Mintalah kepada Bapamu yang janjiNya teguh:

Menyertai langkahmu

 

 

 

Reff:

Roh Kudus terus meluap di hatimu,

Kar’na Tuhan berpesan: “bawalah bejanamu”

Roh Kudus terus meluap di hatimu,

Pun dengan kuasaNya

 

2) Bawalah bejanamu yang kosong pada Penebus,

Wahai kawan yang lesu.

Dengan hati yang rendah tetap nantikan Roh Kudus

Masuk dalam hatimu. Reff…

 

3) O anugerah ilahi pun mengalirlah terus

Tak berubah kasihNya

Bejanamu ‘kan terisi oleh kuasa Roh Kudus

Ya dan amin janjiNya. Reff…

(Jemaat diundang berdiri)

DOA PERSEMBAHAN                                                                                                   (MJ. 6)

 

  1. NYANYIAN PENUTUP : Lihatlah Sekelilingmu (KJ. 428:1-2,6)

 

  1. PENUTUP/BERKAT

Pendeta: Pulanglah saudara ke dalam hidupmu, bangunlah persaudaraan yang sejati di tengah masyarakat, mintalah tuntunan Roh Kudus, serta yakinkanlah hati bahwa janji Allah tidak pernah gagal, Roh Allah akan menyatakan kuasanya memampukan saudara menjadi saksi-Nya, arahkan hati dan terimalah berkat-Nya….

Jemaat: Amin

Jemaat Menyanyi: Haleluya 5X, Amin 3X