LITURGI MINGGU, 6 OKTOBER 2013

TATA IBADAH

Hari Pekabaran Injil Indonesia & Hari Perjamuan Kudus se-Dunia
Minggu, 6 Oktober 2013

Menggunakan Tata Ibadah

Gereja Injili di Tanah Jawa

Yang disesuaikan dengan kondisi JKK

Tema:

” Tuhan adalah Sang Penguasa dan Penentu Kehidupan”

(Habakuk 1:1-4; 2:1-4)

Kebaktian I Pk. 07.00 : Pdt. Drs. I Wayan Sudira Husada, MM
Kebaktian II Pk. 10.00 : Pdt. Ketut Philipus Aryawijaya, S.Th. MA
Kebaktian III Pk. 18.00 : Pdt. Januar Simatupang, S.Pak
Jemaat Surya Buana Pk. 09.00 : Pdt. Em. I Nyoman Suanda, M.Min
Ke Rumah-Rumah : Pdt. Januar Simatupang, S.Pak
: Pdt. Drs, I Wayan Sudira Husada, MM

Jangan lupa berbuat baik dan saling menolong, sebab inilah kurban-kurban yang menyenangkan hati Allah. Ibrani 13:16 

(Ayat bulan Oktober 2013)

 

Persiapan Jemaat  : Doa pribadi

Persiapan Pendeta, Majelis Jemaat, Pemandu Pujian, dan Organis  : Doa bersama di Konsistori

Gong dibunyikan 7 kali (3+3+1) Jemaat bersama-sama berdiri, Majelis (3) keluar dari Konsistori membawa lilin yang menyala sebagai lambang Theopani, diikuti Majelis (7) yang mengambil api lilin untuk dibawa kebalai serbaguna & Majelis (1) yang mengajak Jemaat memulai ibadah.

(jemaat diundang berdiri)

Nyanyian Sambutan : SuaraMu Kudengar (KJ. 33:1-3)

 

Prosesi Pendeta dan Majelis Jemaat memasuki ruang ibadah

 

1. VOTUM DAN SALAM

Pdt/PL          :     “Bahwa pertolongan kita adalah dalam nama Tuhan Allah yang menjadikan langit dan bumi, dan yang tidak meninggalkan perbuatan tangan-Nya serta tetap setia untuk selama-lamanya”.

“Turunlah atas kita sekalian, anugerah dan sejahtera dari Allah Bapa dan Tuhan kita Yesus Kristus. Amin (Roma 1:7b)

Jem : menyahut  5   3   4   5   6   5   4   5  .   .

A    .    .     .     .     .     min

(Jemaat duduk kembali)

 

2. INTROITUS : Habakuk 2:4

 Sesungguhnya, orang yang membusungkan dada, tidak lurus hatinya, tetapi orang yang benar itu akan hidup oleh percayanya.

Jemaat menyanyi : Pujilah Tuhan, Sang Raja (KJ. 10:1-3)

 

3.  PEMBACAAN MAZMUR MINGGU 32:1-5, 10-11                                               (MJ. 4)

MJ             :Berbahagialah orang yang diampuni pelanggarannya,

Jemaat    : yang dosanya ditutupi!

MJ             : Berbahagialah manusia,

Jemaat    : yang kesalahannya tidak diperhitungkan TUHAN, dan yang tidak berjiwa penipu!

MJ :3 Selama aku berdiam diri, tulang-tulangku menjadi lesu

Jemaat : karena aku mengeluh sepanjang hari;

MJ :4 sebab siang malam tangan-Mu menekan aku dengan berat,

Jemaat : sumsumku menjadi kering seperti oleh teriknya musim panas.

MJ :5 Dosaku kuberitahukan kepada-Mu

Jemaat : dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan;

MJ : aku berkata: “Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku,”

Jemaat : dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku.

MJ :10 Banyak kesakitan diderita orang fasik,

Jemaat : tetapi orang percaya kepada TUHAN dikelilingi-Nya dengan kasih setia.

MJ :11 Bersukacitalah dalam TUHAN

Jemaat : dan bersorak-soraklah, hai orang-orang benar; bersorak-sorailah, hai orang-orang jujur!

MJ : Haleluya!

Jemaat : Amin.

 

4. PENGAKUAN DOSA DAN BERITA PENGAMPUNAN DOSA

Pdt/PF  :     Jikalau kita mengatakan bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran itu tidak ada  pada kita. Oleh karena itu, marilah kita mengakui dosa kita di hadapan Tuhan.

 “YaTuhan, Engkaulah Allah yang Maha Besar dan Hebat, bahwa kami sudah berbuat dosa dan sudah bersalah serta sudah berbuat dosa ; Maka sekarang ini ya Allah kami, dengarkanlah kiranya doa kami dan ampunilah  kiranya  segala  dosa  kami,  karena  di  dalam  kami mempersembahkan  segala  permintaan  doa  kami  di  hadapan hadiratMu  ini  bukan  bertumpu  pada  kebenaran  kami,  melainkan kepada segala rahmatMu yang amat berlimpah” . Amin 

Jemaat Menyanyi : Di Muka Tuhan Yesus (KJ. 29:1-2)

 

5. HUKUM TUHAN  : Matius 22:37-40

Pdt/PF : 22:37 Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. 22:38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. 22:39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. 22:40 Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.”

Jemaat Menyanyi : Sungguh Indah Kabar Mulia (KJ. 383:1-2)

 

6. PEMBERITAAN FIRMAN

a. Doa untuk Pembacaan Firman dan Kotbah

b. Pembacaan Firman : Habakuk 1:1-4; 2:1-4                                             (MJ. 2)

c. Kotbah

 

7. SAAT TEDUH (diiringi instrumental)

 

8. PADUAN SUARA/VG

(Jemaat berdiri)

9. PENGAKUAN IMAN RASULI                                                                                    (MJ. 5)

 

10. PUJIAN

Jemaat menyanyi :  Yang Mahakasih (KJ. 381:1-3)

(Jemaat duduk kembali)

 

11. PELAYANAN PERJAMUAN KUDUS

Pdt/PF : Doa Bersama

 

Ketetapan Perjamuan Kudus

Pdt/PF : Perjamuan Kudus adalah ketetapan Tuhan Yesus Kristus, sebagai tanda persekutuan Tuhan Yesus dengan jemaat-Nya. Ini sesuai firman yang berkata :  “Bukankah  cawan  pengucapan  syukur,  yang  atasnya  kita ucapkan syukur, adalah persekutuan dengan darah Kristus? Bukankah roti  yang  kita  pecah-pecahkan  adalah  persekutuan  dengan  tubuh kristus ?” ( 1 kor 10:16)

Yang dijadikan tanda adalah roti dan anggur, yang diberikan kepada orang yang percaya kepada-Nya sebagai makanan dan minuman. Roti yang dipecah-pecahkan dan anggur yang dicurahkan adalah

  1. Melambangkan  tubuh  Tuhan  Yesus  yang  dianiaya  dan  dibunuh, serta darah-Nya yang dicurahkan karena dosa kita
  2. Melambangkan Tuhan Yesus yang menjadi kehidupan kita, karena Dia telah menjadi korban penebus dosa kita, sehingga kita diterima dihadapan Allah yang mahakudus, bahkan diberi keselamatan dan hidup kekal.
  3. Melambangkan  Kristus  yang  menjadi  kehidupan  kita, maka kita diminta-Nya untuk makan roti dan minum anggur. Artinya kita terima dan kita pegang dengan iman tulus, sehingga hidup kita dipenuhi oleh Tuhan Yesus Kristus, sebagaimana  firman  yang  berkata  : “namun  aku  hidup,  tetapi bukan aku yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku”  (Galatia 2 : 20a)
  4. Melambangkan persekutuan kita dengan saudara-saudara seiman di dalam Kristus, sebagaimana firman yang berkata : ”Karena roti adalah satu, maka kita, sekalipun banyak, adalah satu tubuh, karena kita semua mendapat bagian dalam roti yang satu itu.” ( 1 kor 10:17)

Perjamuan  Kudus  adalah  lambang/tanda  persekutuan  kita  dengan Tuhan  Yesus  Kristus,  maka  yang  berhak  menerima  Perjamuan  Kudus adalah  warga  gereja  yang  tetap  berpegang  pada  imannya  kepada Kristus.  Sebaliknya,  warga  jemaat  yang  tidak  berpegang  teguh  pada imannya, sekalipun menerima Perjamuan Kudus, tidak mendatangkan berkat,  Sebaliknya  dapat  mendatangkan  hukuman  bagi  dirinya. Sebagaimana  firman  berkata : ”  Jadi  barang  siapa  dengan  cara  yang tidak layak makan roti atau minum cawan Tuhan,ia berdosa terhadap tubuh dan darah Tuhan. Karena barangsiapa makan dan minum tanpa mengakui tubuh Tuhan, ia mendatangkan hukuman atas dirinya” ( 1 Kor 11:27 dan 29 ).

Itulah sebabnya, setiap warga jemaat yang akan menerima Perjamuan Kudus lebih  dulu  menguji  dirinya  sendiri  apakah  ia  berpegang  teguh  pada imannya  atau  tidak,  sebagaimana  firman  yang  berkata  : ”Karena  itu hendaklah tiap-tiap orang menguji dirinya sendiri dan baru sesudah itu ia makan roti dan minum dari cawan itu” ( 1 Kor 11:28)

Saudara  yang  terkasih  dalam  satu  iman,  marilah  kita  menerima anugerah Tuhan Yesus : Perjamuan Kudus.

Mari kita memasuki meja meja perjamuan sambil memuji Tuhan : Yang Mahakasih  (KJ. 381:1-3)

 

Di Meja Perjamuan Kudus Tuhan

(Tutup sarana Perjamuan Kudus dibuka oleh Majelis Jemaat)

– Tuhan Yesus mengambil roti, mengucap syukur, memecah-mecahkannya dan memberikan kepada mereka, kata-Nya: “Inilah tubuh-Ku yang di-serahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku”.

– Ambillah dan makanlah sambil mengingat dan percaya bahwa tubuh Kristus telah dipecah-pecahkan menjadi jalan pengampunan dosa-dosa kita.

– Demikian juga dibuat-Nya dengan cawan sesudah makan; Ia berkata: “Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku, yang ditumpahkan bagi kamu.

– Ambillah dan minumlah sambil mengingat dan percaya bahwa darah Kristus telah dicurahkan sebagai jalan penyucian kita dari segala dosa kita.

– Berkat Perjamuan Kudus : “Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus oleh pertolongan Roh Kudus. Amin.

Jemaat secara teratur membawa persembahan khusus ke tempat yang telah disiapkan sambil diiringi pujian Tercurah Darah Tuhanku  (KJ. 35:1-3). (Selesai perjamuan, meja ditutup, Majelis dan Pendeta kembali ke tempat).

 

Doa Syukur (oleh seorang penatua)

Terima kasih Tuhan, kami sudah Tuhan perkenankan untuk sekali lagi datang mengingat cinta kasih Tuhan yang tak terukur oleh kami itu. Engkau telah datang ke dunia karena Engkau tidak sampai hati melihat kami binasa. Karya penyelamatan-Mu yang tampak nyata pada salib Kristus sungguh-sungguh menyatakan keajaiban kasih-Mu. Terimakasih Tuhan karena Tuhan sudah menyelamatkan dan melepaskan kami dari hukuman dosa yang sangat mengerikan itu. Hidup yang kekal telah Engkau berikan kepada kami dengan cuma-cuma, sehingga hati kami dipenuhi oleh sukacita. Terpujilah nama-Mu Tuhan! Haleluya, Amin!

 

12.  BERITA JEMAAT                                                                                                          (MJ. 1)

 

13. DOA SYAFAAT

 

14. PERSEMBAHAN

Diaken : membaca II Korintus 9:6-7

9:6 Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. 9:7 Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.

 

Jemaat Menyanyi : Yesus Menginginkan Daku ( KJ. 424:1-dst)

(Jemaat diundang berdiri)

DOA PERSEMBAHAN                                                                     (MJ. 6)

 

15. NYANYIAN PENUTUP : Lihatlah Sekelilingmu (KJ. 428:1,2)

 

16. PENUTUP/BERKAT

Pendeta : ……

Jemaat : Amin

 

TUGAS MAJELIS JEMAAT DAN PELAYAN MUSIK IBADAH

MINGGU, 29 SEPTEMBER 2013

KEBAKTIAN I (07.00) KEBAKTIAN II (10.00) KEBAKTIAN III (18.00)
 1. Pnj. I Made Rai Miarsa Dkn. I Putu Widnyana Pnj. Putu Jaya Kusuma
 2. Pnt. Adrianus Tyas Eko P Pnt. I Made Kertiyana Dkn. Maria Bunga Ramba
 3. Pnj. Wayan Ridanti Pnt. Marthen Maro Dkn. Eliane Rukmiharti
 4. Pnt. Gede Ary Oka Pnj. IGM Samekto PY Pnt. Priska Soetapa
 5. Pnj. Ririn Eka Creseriana Pnj. IGA Kartika Sudiasa Pnj. Made Wiryani
6. Pnj. Ussyana Dethan Dkn. K Johny M Riwoe Pnj. Benyamin Herman H
 7. Dkn. Karel Benny Sjioen Pnj. Yohana Kuji Ratu Pnt. Ketut Artadi
 8. Pnj. Yohana Kuji Ratu Dkn. Karel Benny Sjioen Pnt. Iman Sardjono
 9. Dkn. K Johny M Riwoe Pnj. Ussyana Dethan Pnt. Putu Geria Astawa
10.Pnj. IGA Kartika Sudiasa Pnj. Ririn Eka Creseriana Dkn. IGN Agung Dwi A
11.Pnj. IGM Samekto PY Pnt. Gede Ary Oka Dkn. Haryono Wonojoyo
12.Pnt. Marthen Maro Pnj. Ni Wayan Ridanti Pnt. Jolly Deigratia L
13.Pnt. I Made Kertiyana Pnt. Adrianus Tyas Eko P Pnj. I Ketut Dharma
14. Dkn. I Putu Widnyana Pnj. I Made Rai Miarsa Dkn. Ayu Sinarsih Sulendra

 

TUGAS MAJELIS JEMAAT PERJAMUAN KERUMAH-RUMAH

GRUP I: (mulai pk. 11.00 wita) GRUP II: (mulai pk. 09.30 wita)
1. Dkn. I Made Agus Miadi 1. Dkn. Putu Steven Eka Putra
2. Pnj. Tumiyati Bambang S 2. Pnt. I Made Sumarna

 

PELAYAN MUSIK IBADAH MINGGU

TUGAS ORGANIST/PIANIST PEMANDU PUJIAN
Kebaktian I  Mikha Yan Tonga
Hara
Kebaktian II  Joses Takari
 Evi Arianti
 Kebaktian III  Cahyo Wiwik
 Julianto Johny
Lidya
 Jemaat Surya Buana Putri Prabowo
Laspita