LITURGI JEMAAT MINGGU, 2 OKTOBER 2016

LITURGI MINGGU, 2 OKTOBER 2016

 HARI MINGGU UNTUK UNDUH-UNDUH &

PERAYAAN DIES NATALIS STT INTIM MAKASSAR

 

Kebaktian   I                       Pk. 07.00             : Vik. I Putu Adi Sudarma Yusuf, S.Si., Teol

Kebaktian   II                     Pk. 10.00             : Pdt. Drs. I Wayan Sudira Husada, MM

Kebaktian   III                    Pk. 18.00              : Vik. I Putu Adi Sudarma Yusuf, S.Si., Teol

 

 Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah,

di situ ada kemerdekaan. II Korintus 3:17

(Ayat bulan Oktober 2016)

 

Persiapan Jemaat    : Doa pribadi

  Persiapan Pendeta, Majelis Jemaat

  Pemandu Pujian, dan Organis    : Doa bersama di Konsistori

 

Gong dibunyikan 7 kali (3+3+1) Jemaat bersama-sama berdiri, Majelis (3) keluar dari Konsistori membawa lilin yang menyala sebagai lambang Theopani, diikuti Majelis (7) yang mengambil api lilin untuk dibawa kebalai serbaguna & Majelis (1) yang mengajak Jemaat memulai ibadah.

 (jemaat diundang berdiri)

Majelis    :    GKPB sebagai salah satu gereja pendukung STT INTIM Makassar diminta untuk turut merayakan dan mendoakan Dies Natalisnya yang ke-68 melalui ibadah minggu ini. Untuk itu tata ibadah hari Minggu ini disiapkan oleh Sekolah Tinggi Teologia INTIM dan disesuaikan dengan liturgi ibadah minggu kita. Setengah dari persembahan minggu dalam ibadah ini akan diteruskan ke STT INTIM sebagai bentuk dukungan kita dalam pengelolaan STT tersebut. Untuk itu, kami undang sidang jemaat untuk berdiri dan kita nyanyikan nyanyian pembukaan : Pujilah Tuhan, Sang Raja (KJ. 10:1-2,5)

 

Prosesi Pendeta dan Majelis Jemaat memasuki ruang ibadah

 

  1. VOTUM DAN SALAM

Pdt/PF  :   Sidang jemaat, Tuhan berkenan hadir dalam persekutuan ibadah kita. Sekarang kita berada dihadapan-Nya. Marilah kita merendahkan diri dihadapan-Nya dan mengaku dengan bersama-sama mengucapkan bahwa :

PF + Jem  :  “Pertolonganku datang dari pihak Tuhan yang menjadikan langit dan bumi. Ia tetap setia untuk selama-lamanya”.

Pdt/PF  :  “Salam sejahtera dari Allah Bapa, Putra, Roh Kudus, kepada Saudara.”

 

Jem              :     Salam sejahtera bagi Saudara juga.

Jem              :     menyahut       5   3   4   5   6   5   4   5  .   .

A    .    .     .     .     .     min

(Jemaat duduk kembali)

  1. INTROITUS : Mazmur 145:15

 Mata sekalian orang menantikan Engkau,

dan Engkau pun memberi mereka makanan pada waktunya.

Jemaat menyanyi : Terpuji Engkau, Allah Mahabesar (KJ. 397:1-4)

 

  1. PEMBACAAN MAZMUR MINGGU 145:14-21 (MJ. 4)

MJ               :14   TUHAN itu penopang bagi semua orang yang jatuh

Jemaat        :             dan penegak bagi semua orang yang tertunduk.

MJ                :15   Mata sekalian orang menantikan Engkau,

Jemaat : dan Engkaupun memberi mereka makanan pada waktunya;

MJ :16 Engkau yang membuka tangan-Mu

Jemaat : dan yang berkenan mengenyangkan segala yang hidup.

MJ :17 TUHAN itu adil dalam segala jalan-Nya

Jemaat : dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.

MJ :18 TUHAN dekat pada setiap orang yang berseru kepada-Nya,

Jemaat : pada setiap orang yang berseru kepada-Nya dalam kesetiaan.

MJ :19 Ia melakukan kehendak orang-orang yang takut akan akan Dia,

Jemaat : mendengarkan teriak mereka minta tolong dan menyelamatkan mereka.

MJ :20 TUHAN menjaga semua orang yang mengasihi-Nya,

Jemaat : tetapi semua orang fasik akan dibinasakan-Nya.

MJ :21 Mulutku mengucapkan puji-pujian kepada TUHAN

Jemaat : dan biarlah segala makhluk memuji nama-Nya yang kudus untuk seterusnya dan selamanya.

MJ : Haleluya!

Jemaat : Amin.

 

  1. DOA BERKAT UNTUK ANAK-ANAK SM/REMAJA

 

  1. PENGAKUAN DOSA

Pdt/PF : Doa Syukur dan Pengakuan dosa

Jemaat Menyanyi : Dari Lembah Sengsaraku (KJ. 24b:1-3)

 

  1. PEMBERITAAN ANUGERAH : I Yohanes 1:8-9

Pdt/PF : 1:8 Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita. 1:9 Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.

Jemaat : menyambut dengan berdiri dan saling bersalaman sambil berkata

“Tuhan mengasihi dan mengampuni kita”

 

  1. PETUNJUK HIDUP BARU : I Petrus 4:7-11

Pdt/PF  :    4:7 Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa. 4:8 Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa. 4:9 Berilah tumpangan seorang akan yang lain dengan tidak bersungut-sungut. 4:10 Layanilah seorang akan yang lain, sesuai dengan karunia yang telah diperoleh tiap-tiap orang sebagai pengurus yang baik dari kasih karunia Allah. 4:11 Jika ada orang yang berbicara, baiklah ia berbicara sebagai orang yang menyampaikan firman Allah; jika ada orang yang melayani, baiklah ia melakukannya dengan kekuatan yang dianugerahkan Allah, supaya Allah dimuliakan dalam segala sesuatu karena Yesus Kristus. Ialah yang empunya kemuliaan dan kuasa sampai selama-lamanya! Amin.

Jemaat Menyanyi : Muliakan Tuhan Allah (KJ. 14:1-3)

(Jemaat duduk kembali)

  1. PEMBERITAAN FIRMAN
  • Doa untuk Pembacaan Firman dan Kotbah
  • Pembacaan Firman : II Korintus 9:6-15                     (Pdt/PF)
  • Kotbah

 

  1. SAAT TEDUH (diiringi instrumental)

 

  1. PADUAN SUARA/VG
  • VG. Keluarga Besar Mahasiswa Kristen Universitas Udayana (KBMK Unud) – Ibadah II

 (Jemaat berdiri)

  1. PENGAKUAN IMAN RASULI                                                          (MJ. 5)

Dinyanyikan dengan pujian : Aku Percaya (KJ. 280:1-3)

(Jemaat duduk kembali)

  1. PELANTIKAN DAN DOA TEAM MULTIMEDIA & TEAM SOUND SYSTEM PERIODE 2016-2018 SERTA PENGURUS  LEMBAGA KESEHATAN PERIODE 2016-2018 – Ibadah II

 

  1. BERITA JEMAAT (MJ. 1)

 

  1. DOA SYAFAAT

Pdt/PF : Marilah kita berdoa

Petugas 1 : Marilah kita mendoakan dunia ini

Tuhan yang Mahakuasa, pencipta langit dan bumi dan segala isinya; Engkau telah ciptakan dunia ini : lautan, danau, sungai, masing-masing penuh dengan kehidupan, hutan, pengunungan, masing-masing dengan berbagai makhluk besar dan kecil. Segala sesuatu yang di bawah langit adalah milik-Mu.

Berbahagialah mereka yang bekerja untuk kebaikan, yang bekerja keras untuk kesejahteraan. Ya Tuhan, berilah inspirasi dan berdayakanlah pemerintah untuk memimpin rakyatnya dalam merawat dan melindungi ciptaan-Mu. Pulihkanlah bumi yang kami warisi, dimana laut dan sungai menjadi bersih dan penuh dengan kehidupan kembali, dan bahwa tanah akan melahirkan tanaman yang memberikan kehidupan.

Tolonglah kami menyadari kebiasaan kami sehari-hari. Kiranya kami tidak mengkonsumsi apa yang tidak perlu. Pimpinlah kami dalam cara-cara baru dalam hidup kami sehari-hari yang akan memulihkan keutuhan ciptaan-Mu, bahwa dalam Kristus dan  melalui-Nya segala sesuatu diciptakan, akan memuliakanMu.

 

dengan kehidupan kembali, dan bahwa tanah akan melahirkan tanaman yang memberikan kehidupan.

Tolonglah kami menyadari kebiasaan kami sehari-hari. Kiranya kami tidak mengkonsumsi apa yang tidak perlu. Pimpinlah kami dalam cara-cara baru dalam hidup kami sehari-hari yang akan memulihkan keutuhan ciptaan-Mu, bahwa dalam Kristus dan  melalui-Nya segala sesuatu diciptakan, akan memuliakanMu.

Jemaat : Tuhan, dalam pengasihanMu, dengarkanlah doa kami!

Petugas 2 : Marilah kita berdoa untuk Negara

Tuhan, Allah yang Mahakuasa, dengan hati yang bersyukur, kami mendoakan Negara kami, pemimpin kami, semua yang memerintah, mengatur dan mengurus negara kami. Berkati dan urapilah mereka dengan visi dan kebajikan-Mu, kearifan dan inspirasi, ketika mereka melakukan tanggung jawab mereka menata negara kami untuk membangun kemajuan dan stabilitas di negeri multi-budaya kami.

Semoga pengetahuan dan pemahaman tentang cinta kasih penebusan-Mu, rahmat, dan anugerah berlaku dan mengikat kami dalam harmoni, persatuan dan perdamaian. Melalui Yesus Kristus Tuhan kami!

Jemaat : Tuhan, dalam pengasihan-Mu, dengarkanlah doa kami

Petugas 3 : Marilah kita berdoa bagi  kampus – kampus Theologia secara khusus  STT Intim Makassar

Bapa kami yang rahmani kami berterima kasih kepada-Mu dan memuji nama-Mu yang mulia. Terima kasih Tuhan untuk berkat providensia-Mu, untuk perlindungan-Mu dan pemberian kasih karunia hidup yang melimpah. Ketika menghampiri takha karunia-Mu, mampukanlah kami mendekat kepada hati Tuhan. Bukalah mata kami, Tuhan, untuk orang disekitar kami, tolonglah kami melihat mereka sebagaimana Engkau melihat mereka. Berilah kami hikmat dan kekuatan untuk mengambil tindakan dan menunjukkan kepada mereka cinta kasih penebusan-Mu. Bantulah kami untuk menjadi garam dan terang dalam dunia kegelapan, siap untuk berbagi kasih di setiap kesempatan.

Kami memohon pengurapan-Mu kepada setiap anak-anak Tuhan, dalam dunia kampus theologia dan dalam medan pelayanan,  untuk bekerja tidak melampui batas-batas budaya dan keyakinan, warna dan ras sehingga jaringan regional dan pelayanan lebih kuat dan membangun jembatan dari nilai-nilai Kristen, terhadap pengembangan pelayanan kehidupan keluarga, masyarakat dan Gereja.

Tuhan, tunjukkanlah kami cara dimana kami dalam kesatuan dapat bekerja sama untuk penguatan dan perluasan Kerajaan-Mu untuk berada dalam kesiapan bagi kedatanganMu kembali, melalui Yesus Kristus Putra-Mu, Allah kami, yang hidup dan memerintah bersama-Mu dalam persekutuan Roh Kudus, Allah dan selamanya.

Semoga semangat, niat baik dan cinta kasih, memenuhi rumah, gereja dan masyarakat kami, agar kami dapat melayani-Mu lebih baik. Mampukanlah kami menghormati ciptaan-Mu dengan cinta kasih, seperti yang ditunjukkan melalui kehidupan dan kebangkitan Putra-Mu, Yesus Kristus Tuhan kami.

merintah bersama-Mu dalam persekutuan Roh Kudus, Allah dan selamanya.

Semoga semangat, niat baik dan cinta kasih, memenuhi rumah, gereja dan masyarakat kami, agar kami dapat melayani-Mu lebih baik. Mampukanlah kami menghormati ciptaan-Mu dengan cinta kasih, seperti yang ditunjukkan melalui kehidupan dan kebangkitan Putra-Mu, Yesus Kristus Tuhan kami.

Jemaat : Tuhan dalam pengasihan-Mu, dengarkanlah doa kami!

Petugas 4 : Marilah berdoa untuk Gereja

Ya Tuhan, Bapa kami yang di sorga, diberkati dan lindungilah Gereja-Mu.

Tuhan, apa yang gelap, terangilah;

Apa yang rendah, mampukan dan dukunglah;

Apa yang kurang, lengkapilah;

Apa yang salah, jauhkanlah

Buatlah kami dan seluruh dunia menjadi persekutuan di mana tidak ada perpecahan, tidak ada perbedaan ras, atau warna. Tuhan buatlah kami lebih dekat satu dengan yang lain dan buatlah kami menyembah-Mu dalam roh, kesatuan dan kebenaran.

Jemaat : Terima kasih Tuhan, untuk mendengarkan doa dan permohonan umat-Mu.

Pdt/PF : Peliharalah kami dalam Yesus Kristus Tuhan kami, yang telah mengajar kami berdoa :

Pdt/PF + U : Bapa kami yang di sorga…

 

  1. PERSEMBAHAN

Pdt/PF : Jemaat yang diberkati, marilah kita bersyukur kepada Tuhan dengan memberikan persembahan kepada-Nya. Dengarlah nas Alkitab dalam kitab Maleakhi 3 : 10 yang menyatakan :

“Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN  semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.”

Kini saatnya kita bersyukur dengan memberikan persembahan bagi kemuliaan Tuhan. Mari, bersukacitalah dengan pemberian syukurmu…

Jemaat Menyanyi : PadaMu, Tuhan dan Allahku (KJ. 367:1-dst)

 

DOA PERSEMBAHAN                                                                                   (MJ. 6)

Majelis : Jemaat, marilah berdiri, untuk menyerahkan persembahan syukur kita kepada Tuhan dalam doa secara berbalasan kepada-Nya :

Kami bersyukur kepada-Mu ya Allah; karena melalui Tuhan Yesus Kristus, Engkau datang dan tinggal bersama dengan kami sesama manusia. Engkau memberikan hidup-Mu untuk menebus dan menyelamatkan kami. Ajarlah kami, memberi dari apa yang kami miliki untuk melayani sesama dan memuliakan nama-Mu. Berkati sesama dan alam ciptaan-Mu atas persembahan kami.

dan menyelamatkan kami. Ajarlah kami, memberi dari apa yang kami miliki untuk melayani sesama dan memuliakan nama-Mu. Berkati sesama dan alam ciptaan-Mu atas persembahan kami.

Jemaat : Ya Allah Maha baik, dengan sukacita, kami membawa pujian dan syukur hati kami.

Kiranya anugerah dan keselamatan-Mu. Menjadi berkat dalam kehidupan kami bersama.

Ya Allah Maha kasih, mampukanlah kami, untuk berbagi kasih dengan sesama kami, karena rahmatMu. Dalam nama Yesus, kami berdoa.

Semua : Amin

 

  1. NYANYIAN PENUTUP : Yesus Saja Kawanku Musafir (KJ. 421:1,4)

 

  1. PENUTUP/BERKAT

Pdt/PF : Jemaat yang terkasih, Pulanglah dengan sukacita  dengan sebuah pengertian yang mendalam bahwa kita adalah utusan dan  perpanjangan tangan Tuhan. Kini arahkanlah hati dan pikiranmu kepada Tuhan dan terimalah berkat-Nya :

“ TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;

TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberikan engkau kasih karunia;

TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera “  (Bilangan 6 :24 -26)

Jemaat : Amin

Jemaat Menyanyi : Haleluya 5X, Amin 3X

TUGAS MAJELIS JEMAAT DAN PELAYAN MUSIK IBADAH

MINGGU, 2 OKTOBER 2016

 

KEBAKTIAN I (07.00) KEBAKTIAN II (10.00) KEBAKTIAN III (18.00)
 1.  Pnt. Priska Soetapa Pnt. Magdalena Hehakaya Pnj. Benyamin Herman H
 2.  Pnj. Marliantini Korasa Pnj. Lende Tanggela Pnj. Krisna Putra
 3.  Dkn. RE. Takari Palinggi Pnt. Fransina Atading L Pnt. Suhito
 4.  Pnj. Ussyana Dethan Dkn. Ketut Sutrisna Soekaria Pnj. Tumiyati Bambang S
 5.  Dkn. Ratnawati Pnt. Rini F. Yani Dkn. Nyoman Nurhandayani
 6.  Dkn. Dewi Ekawati Karmawan Pnj. I Wayan Suarya Pnj. Istia Dirk
 7.  Dkn. Sunarno Dkn. Putu Steven Eka Putra Pnt. Djois Waluwanja
 8.  Pnj. I Ketut Dharma Pnj. Bayu Widjayanto Dkn. GA. Stiti Sudastri
 9.  Pnt. Julianto Ari Saputra Pnj. I Wayan Sudana
10.Pnj. IGM. Samekto PY Dkn. Budi Listianto Pnt. I Made Sumarna
11.Dkn. I Made Agus Miadi Pnt. I Putu Geria Astawa
12.Dkn. Bambang Trispriyandaru Dkn. Ni Putu Widani Astuti
13.Pnt. Made Rai Miarsa

PELAYAN MUSIK IBADAH MINGGU

TUGAS TIM MUSIK PEMANDU PUJIAN
Kebaktian I Cahyo

Agi

Nanda
Johny
Wiwik
Kebaktian II Dessi

Prima

 Yan Tonga
Jolly
Dayu
 Kebaktian III Iwan

Eva

Tata

Citra
Anik
 Lina