LITURGI JEMAAT HARI DOA SEDUNIA, 4 MARET 2018

Tata Ibadah Hari Doa Sedunia 2018

MINGGU, 4 MARET 2018

 

(Dipersiapkan oleh Tim HDS dari Negara Suriname

 yang disesuaikan dengan kondisi JKK)

 

TEMA :

SEMUA CIPTAAN ALLAH, SUNGGUH AMAT BAIK

Dilayani oleh : Pdt. Ni Luh Yuni Ambarawati, S.Si., Teol

 

Persiapan Jemaat                                   : Doa pribadi

                    Persiapan Pendeta, Majelis Jemaat

                    Pemandu Pujian, dan Organis                      : Doa bersama di Konsistori

 

 (jemaat diundang berdiri)

  1. SALAM PEMBUKAAN

L1             :    Kami bersyukur kepada Allah untuk negari Suriname yang indah. Suatu negari dengan tumbuhan dan hewan yang luar biasa. Suatu negara di mana orang dari berbagai etnis hidup bersama dalam damai.

L2             :    Kami bersyukur kepada Allah untuk kesempatan mempraktekkan iman kami juga untuk kesempatan beribadah bersama-sama; hal ini  terlihat dari adanya Mesjid Keizertraat yang terletak berdekatan dengan Sinagoga Neve Shalom di Paramaribo, ibu kota Suriname.

L1 : Semua ciptaan Allah adalah baik!  

Jemaat : Semua Ciptaan Allah adalah Baik!

L2 : Kami, Perempuan Surniname, mengundang Saudara/i sekalian dalam perayaan ini. Kami mulai perayaan hari doa sedunia sebagai perayaan ekumenikal sejak tahun 1953. Beberapa dari pemimpin kami adalah isteri dari para pastor Reformed Church. Perayaan pertama dilakukan di Grote Stadskerk, sebuah gereja Moravia. Kami bersyukur atas kesaksian para Saudari yang mengawali perayaan ini.

L1 : Hari ini, kami datang dengan mempersembahkan negara kami, Suriname. Keberagaman budaya dan etnisnya. Kekayaan alam yang telah Tuhan tempatkan di tangan kami untuk dipelihara dan dijaga.

Jemaat : Semua Ciptaan Allah adalah Baik!

L2 : Kami mengundang Saudara/i semua untuk bernyanyi bersama kami dan saling bersalaman satu sama lain sebagai ucapan selamat datang.

Nyanyian pembukaan : Tuhan, Pencipta Semesta (KJ. 289:1-3)

 

Prosesi Pendeta dan Majelis Jemaat memasuki ruang ibadah

 

  1. PANGGILAN BERIBADAH

Pdt : Sidang jemaat, Tuhan berkenan hadir dalam persekutuan ibadah Hari Doa Sedunia. Sekarang kita berada dihadapan-Nya. Marilah kita merendahkan diri dihadapan-Nya dan mengaku dengan bersama-sama mengucapkan bahwa :

PF + Jem : “Pertolonganku datang dari pihak Tuhan yang menjadikan langit dan bumi. Ia tetap setia untuk selama-lamanya”.

Pdt : “Salam sejahtera dari Allah Bapa, Putra, Roh Kudus, kepada Saudara.”

Jemaat : Salam sejahtera bagi Saudara juga.

Jemaat : menyahut 5   3   4   5   6   5   4   5  .   .

A    .    .     .     .     .     min

(Jemaat duduk kembali)

  1. INTROITUS : Lukas 9:62

 Setiap orang yang siap untuk membajak tetapi menoleh ke belakang, tidak layak untuk Kerajaan Allah.

 

Jemaat menyanyi : Tuhan Memanggilmu (NKB. 126:1,3)

 

  1. PEMBACAAN MAZMUR MINGGU 34:16-23 (MJ. 4)

MJ            :16   Mata TUHAN tertuju kepada orang-orang benar;

Jemaat    :              dan telinga-Nya kepada teriak mereka minta tolong;

MJ            :17   wajah TUHAN menentang orang-orang yang berbuat jahat

Jemaat : untuk melenyapkan ingatan kepada mereka dari muka bumi.

MJ :18 Apabila orang-orang benar itu berseru-seru, maka TUHAN mendengar,

Jemaat : dan melepaskan mereka dari segala kesesakannya.

MJ :19 TUHAN itu dekat kepada orang-orang yang patah hati,

Jemaat : dan Ia menyelamatkan orang-orang yang remuk jiwanya.

MJ :20 Kemalangan orang benar banyak,

Jemaat : tetapi TUHAN melepaskan dia dari semuanya itu;

MJ :21 Ia melindungi segala tulangnya,

Jemaat : tidak satu pun yang patah.

MJ :22 Kemalangan akan mematikan orang fasik,

Jemaat : dan siapa yang membenci orang benar akan menanggung hukuman.

MJ :23 TUHAN membebaskan jiwa hamba-hamba-Nya,

Jemaat : dan semua orang yang berlindung pada-Nya tidak akan menanggung hukuman.

MJ : Haleluya!

Jemaat : Amin.

 

  1. DOA BERKAT UNTUK ANAK-ANAK SM/REMAJA

 

  1. DOA PENGAKUAN DAN PENGAMPUNAN DOSA

L1 : Mari dengan sepenuh hati kita mengaku bahwa kita telah lalai melakukan tugas kita untuk menjaga dan memelihara alam.

Ya Tuhan, Kami seringkali tidak dapat menyadari bahwa kelalaian kami dalam menjaga dan memelihara alam dalam kehidupan kami setiap hari mempengaruhi seluruh alam semesta. Tolong kami ya Tuhan, untuk dapat melihat dan menyadari bahwa ketika kami membuang sampah sembarangan di jalan maka hasil akhirnya adalah banjir pada musim hujan.

Jemaat : Ya Tuhan, kami memohon pengampunan Mu.

L2 : Allah Pencipta, Kami mengafirmasi bahwa semua ciptaanMu sungguh amat baik. Tetapi kami juga harus mengaku bahwa kami berdosa karena kami hidup dengan ciptaanMu yang lainnya namun kami tidak turut menjaganya. Kami menyadari bahwa melakukan

 

 

pengembangan tanpa memperhatikan keberlangsungan, atau mengkonsumsi sebanyak-banyaknya tanpa melestarikan sangat membahayakan bagi masa depan bumi ini dan anak cucu kami sendiri.

Jemaat   :     Ya Tuhan, kami memohon pengampunan Mu.

L1 : Kami mengaku bahwa kami belum cukup melakukan advokasi kepada pemerintah kami berkaitan dengan pemeliharaan alam. Tindakan yang tidak bertangggung jawab telah membuat sangat mempengaruhi alam. Kami turut andil mencemari sungai-sungai dengan merkuri karena keserakahan kami akan emas. Kami telah menggunduli hutan-hutan karena keserakahan akan bauksit. Kami menderita bersama dengan umat manusia lainnya dan juga hewan-hewan yang tercabut habitat mereka karena kerusakan lingkungan.

Jemaat : Ya Tuhan, kami memohon pengampunan Mu.

 

L2 : Kami mengaku bahwa kami tidak memberikan perhatian yang serius pada sesama kami yang membutuhkan sebagaimana diperintahkan oleh Tuhan Yesus. Marilah kita mengambil saat teduh untuk mengakui dosa kita secara pribadi. (beri beberapa menit saat teduh)

L1 :  Mari kita berdoa.

Ya Tuhan Allah, pencipta dunia ini, Bapa di dalam Tuhan Yesus Kristus. Kami datang ke hadapanMu dan memohon pengampunan sebab kami telah berdosa dengan melakukan kekerasan terhadap alam. Ampuni kami sebab kami tidak peduli terhadap alam dan juga terhadap sesama kami. Sekarang kami berkomitmen untuk menjadi pelayan yang lebih baik untuk turut menjaga alam ciptaanMu serta menyatakan kasih kepada sesama kami sebagaimana telah diteladankan oleh Tuhan kami, Yesus Kristus. Amin.

L2 : Dengarkanlah berita anugerah pengampuan dosa: “Aku adalah pokok anggur, kamulah ranting-rantingnya. Barang siapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak. Sebab di luar aku, kamu tidak dapat berbuat apa-apa (Yoh. 15:5).

Pujian : Tuhan, Pencipta Semesta (KJ. 289:5,9)

 

  1. PANGGILAN HIDUP BARU DAN BERIBADAH

L1 : Tuhan, kami mengundang Engkau hadir di tengah-tengah kami. Berkatilah semua yang berdoa bersama dengan kami di berbagai negara, di setiap sudut bumi ini. Sekarang kami akan memperkenalkan para perempuan Suriname.

PM1 :  Saya Alima. Saya belajar dan bekerja di Paramaribo. Saya berasal dari Suku Arawak. Saya pindah dari desa asal saya di distrik Sipaliwini ke ibu kota untuk belajar. Nenek moyang saya adalah penduduk asli Suriname. Kami sangat bangga tinggal dalam harmoni dengan alam kami. Pada saat libur saya biasa pulang ke desa saya. Ibu kami membuat minyak dari biji Krapa lalu menjualnya. Uang hasil penjualan itulah yang digunakan untuk membiayai sekolah kami. Kami juga memiliki keluarga di Galibi, distrik Marowijane. Mereka berkomitmen untuk melindungi penyu. Gaya hidup kami didasarkan pada pemeliharaan dan penjagaan terhadap alam. Alam telah menyediakan bagi kami pohon Krapa, emas, bauksit dan penyu cantik.

sekolah kami. Kami juga memiliki keluarga di Galibi, distrik Marowijane. Mereka berkomitmen untuk melindungi penyu. Gaya hidup kami didasarkan pada pemeliharaan dan penjagaan terhadap alam. Alam telah menyediakan bagi kami pohon Krapa, emas, bauksit dan penyu cantik.

Jemaat : Ya Allah, kami bersyukur dan menyembahMu!

PM 2 :  Saya Muyinga. Saya juga berasal dari Sipaliwini. Nenek moyang saya berasal dari Afrika dan bekerja sebagai budak. Mereka melarikan diri dari perkebunan untuk hidup sebagai orang-orang bebas. Kami disebut orang-orang Maroons dan tinggal bersama dalam sebuah pemukiman. Nenek moyang kami melestarikan berbagai tradisi dari Afrika Barat. Kami tinggal di daerah tropis dengan hutan hujan dan gunung-gunung  yang  menyediakan  bagi  kami  makanan,  obat-obatan dan juga keindahan alam. Kami sangat menikmati memancing dan mandi di sungai. Sipaliwini, Marowijne dan Brokopondo adalah distrik-distrik di mana sebagian besar alamnya masih sangat alami. Hutan hujan tropis merupakan 94% bagian dari negara kami serta merupakan paru-paru dunia.

Jemaat : Ya Allah, kami bersyukur dan menyembahMu!

PM 3 : Saya Mei Ling, keturunan imigran Cina. Saya  tinggal di distrik Coronie. Ketika nenek moyang saya datang ke Suriname, mereka ditempatkan di perkebunan-perkebunan di pesisir untuk bekerja di bidang pertanian. Lama setelah itu mereka beralih pada usaha retail seperti toko serba atau restoran. Coronie dikenal karena kerang laut, pohon kelapa, bunga-bunga, burung-burung dan juga lebah yang memproduksi banyak madu. Minyak kelapa di hasilkan dari buah kelapa. Sangat sehat!

Jemaat : Ya Allah, kami bersyukur dan menyembah-Mu!

PM4 : Saya Carolina dan saya tinggal di La Prosperite, yang dahulunya merupakan perkebunan kayu, di distrik Para. Saya disebut Creole; ayah saya berasal dari Eropa dan ibu saya merupakan keturunan Afrika. Nenek moyang saya membeli perkebunan kayu dari pemilik yang berkebangsaan Prancis di Suriname. Saya seorang ibu tunggal dengan lima anak. Dengan menanam dan mengolah singkong saya menyediakan kebutuhan anak-anak saya. Saya membuat kue singkong; yang tawar maupun dengan isian nanas atau kelapa. Saya menjualnya di Bandara J.A Pengel. Saudari saya mengolah jahe, nanas, ubi, singkong, talas dan eddoes. Di Para, kami sangat bersyukur atas sumber air bersih yang banyak dan juga danau-danau alami. Namun kami juga sangat prihatin dengan penambangan bauksit dan emas yang semakin marak belakangan ini.

 

Jemaat : Ya Allah, kami bersyukur dan menyembah Mu!

PM5 : Saya Willemien, namun semua orang memanggil saya Willie. Saya adalah keturunan dari para petani asal Belanda yang bekerja di Suriname. Kami dikenal sebagai orang Boeroes. Kebanyakan dari kamitidak bisa bertahan dalam iklim tropis. Kami bermukim di Paramaribo, daerah dekat Kwatta. Sebagian dari kami tetap bekerja di pertanian dan juga beternak sapi, namun pada saat yang sama juga memiliki profesi lain. Saya dan suami memiliki sebuah peternakan kecil untuk beternak babi, sapi, dan ayam. Anak-anak kami membantu dengan menanam sayur organik.

name. Kami dikenal sebagai orang Boeroes. Kebanyakan dari kamitidak bisa bertahan dalam iklim tropis. Kami bermukim di Paramaribo, daerah dekat Kwatta. Sebagian dari kami tetap bekerja di pertanian dan juga beternak sapi, namun pada saat yang sama juga memiliki profesi lain. Saya dan suami memiliki sebuah peternakan kecil untuk beternak babi, sapi, dan ayam. Anak-anak kami membantu dengan menanam sayur organik.

Jemaat : Ya Allah, kami bersyukur dan menyembahMu!

PM6 : Saya Shanti. Saya tinggal di distrik Nickerie. Setelah penghapusan perbudakan, para pekerja dari daerah penjajah Belanda dipekerjakan sebagai pekerja kontrak. Mulanya mereka hanya dapat bekerja pada majikan mereka saja. Setelah itu mereka dapat kembali ke negaranya atau mencari pekerjaan lain. Demikianlah caranya nenek moyang saya datang dari India. Saya bekerja dan memiliki keluarga di sini. Anak saya belajar di Nickerie namun akan pindah ke Paramaribo untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Orangtua saya adalah petani beras. Suami saya bekerja untuk perusahaan pisang. Saya juga memiliki keluarga di distrik Saramacca yang bekerja di perusahaan pertambangan minyak. Nickerie berbatasan dengan Guyana. Banyak orang Guyana yang menyebrang dan mencari kerja di Nickerie.

Jemaat : Ya Allah, kami bersyukur dan menyembah Mu!

PM7 : Saya Kartini. Saya masih tinggal bersama dengan keluarga saya di distrik Commewijne, tempat pemukiman nenek moyang saya ketika mereka tiba dari Indonesia sebagai pekerja kontrak. Saat ini semua saudara saya tinggal di Suriname. Distrik kami memiliki perkebunan kopi, kapas, coklat, tembakau dan tebu. Saya bercocok tanam dan suami saya bekerja sebagai nelayan. Belakangan ini putri saya sudah dapat melanjutkan ke sekolah lanjutan yang berada dekat dengan rumah saya.

Jemaat : Ya Allah, kami bersyukur dan menyembahMu atas semua ciptaanMu.

Jemaat Menyanyi : Nyanyikan Lagi Bagiku (NKB. 119:1-2)

 

  1. PEMBACAAN FIRMAN TUHAN
  • Doa untuk Pembacaan Firman dan Kotbah
  • Pembacaan Firman : Kejadian 1:1-31                    (Pdt/PF)
  • Kotbah
  • Saat teduh (diiringi instrumental)

 (Jemaat berdiri)

  1. PENGAKUAN IMAN RASULI (MJ. 5)    

 

  1. PUJIAN

Jemaat menyanyi : Segala Benua dan Langit Penuh (KJ. 281:1-2)

(Jemaat duduk kembali)

  1. BERITA JEMAAT (MJ. 1)
  1. DOA SYAFAAT

Pdt          :     Bersama dengan semua gereja di seluruh dunia, marilah kita berdoa agar diberikan ketekunan dan kesetiaan untuk menjadi pelayan-pelayan yang baik dari ciptaan Allah.

PM1         :     Alam telah banyak sekali berubah. Di beberapa tempat bahkan alam telah menjadi berbeda sama sekali. Kami lupa bahwa kami hanya meminjam bumi. Ya Tuhan, bimbing kami untuk mengelola dan menjaga alam ciptaanMu dengan bertanggung jawab. Tolonglah kami untuk mengubah cara pikir dan cara bertindak kami sehingga kami dapat melakukan berbagai aksi nyata untuk menyelamatkan alam. Mendaur ulang-menggunakan ulang dan mengurangi sampah. Menyelamatkan penyu hijau dari orang-orang serakah yang mengambil telur penyu dan menyebabkan ancaman bagi populasi penyu. Melindungi orang-orang yang bergantung kepada hutan untuk kehidupan mereka dari bahaya atau ancaman industri. Kami bawa doa ini kepadaMu, ya Allah.

Jemaat : Tuhan, Allah kami, dengarkanlah doa kami.

 

PM2 : Ya Allah Pencipta langit dan bumi, kami berdoa untuk orang-orang yang tinggal dan bekerja dipinggiran sungai serta menjadi nelayan. Mereka kini telah kehilangan mata pencaharian mereka sebab sungai-sungai telah tercemar akibat penambangan emas. Berikanlah kami keberanian ya Allah, agar kami dapat melakukan advokasi kepada legislatif sehingga penggunaan merkuri yang tidak bertanggungjawab, yang merugikan dan dapat meracuni manusia, dapat dihentikan. Sungai harus bersih untuk kelangsungan hidup umat Allah. Kami bawa doa ini ke hadapanMu, ya Allah.

Jemaat : Tuhan, Allah kami, dengarkanlah doa kami.

PM3 :  Kami  teringat  kepada  mereka  yang  hidup  di  pesisir. Mereka  terancam  kehilangan  tanah  sebab  permukaan air laut semakin meningkat dan kurangnya hutan bakau menyebabkan erosi pantai. Kami mengingat mereka yang tidak punya akses kepada air bersih. Kami menggugah para pemimpin kami agar mereka membuat akses, bagi lebih banyak orang, kepada sumber-sumber air bersih. Kami bawa doa ini ke hadapanMu ya Allah.

Jemaat : Tuhan, Allah kami, dengarkanlah doa kami.

PM4 : Kami bawa para ibu tunggal dan anak-anak mereka ke hadapan Mu ya Allah. Tolonglah mereka dan berikan mereka kekuatan untuk menjaga keluarga mereka. Tolonglah juga perhatikan anak-anak muda ya Tuhan, sehingga di manapun mereka tinggal mereka mendapatkan pendidikan yang baik untuk mempersiapkan masa depan mereka. Tolong kami juga menjadi penyedia rumah yang nyaman bagi anak-anak muda yang harus jauh dari keluarga mereka demi mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Ajarilah kami ya Tuhan, untuk menunjukan kasih sayang kepada anak-anak muda, ibu remaja dan semua orang yang membutuhkan. Kami bawa doa ini ke hadapanMu, ya Allah.

 

 

ibu remaja dan semua orang yang membutuhkan. Kami bawa doa ini ke hadapanMu, ya Allah.

Jemaat   :     Tuhan, Allah kami, dengarkanlah doa kami.

PM5         :     Ya Tuhan, yang telah menempatkan kami di taman kehidupan, memberikan  kepada  kami  tumbuh-tumbuhan  sehingga kami memiliki makanan, berikanlah kami hikmat sehingga kami dapat melindungi ladang kami dari banjir, kekeringan bahkan bahaya bahan-bahan kimia. Kami juga berdoa untuk kota yang aman sehingga setiap orang dapat merasa aman di jalan, ditempat-tempat penampungan. Kiranya mereka juga mendapatkan makanan yang mereka butuhkan. Kami bawa doa ini kepada Mu, ya Allah.

Jemaat : Tuhan, Allah kami, dengarkanlah doa kami.

PM6 : Allah yang penuh belas kasih, ada begitu banyak penderitaan di tengah-tengah dunia ini dan di dalam diri kami juga. Seringkali penderitaan itu tidak tertanggungkan. Peluklah kami dalam cintaMu ya Allah. Kiranya Engkau juga memeluk setiap orang yang berjalan dalam kegelapan, keputusasaan, dan kecenderungan untuk bunuh diri. Kiranya kasihMu menginspirasi kami untuk terus mengembangkan pengetahuan dan juga melakukan advokasi berkaitan dengan kesehatan mental dan jiwa. Kami bawa doa ini ke hadapan Mu, ya Allah.

Jemaat : Tuhan, Allah kami, dengarkanlah doa kami.

PM7 : Kami berdoa untuk semua orang yang harus migrasi demi menyelamatkan hidup mereka dan keluarga mereka ya Allah. Kiranya kami ditolong untuk dapat menunjukkan keramahtamahan kepada sesama umat manusia, yang telah Engkau ciptakan seturut dengan gambarMu. Tolong kami ya Allah, untuk mengakhiri kekerasan dalam rumah tangga dan juga kekerasan seksual terhadap anak-anak. Kami berdoa agar lebih dapat memperhatikan orang-orang dengan kebutuhan khusus. Tolonglah pulihkan mereka yang menderita karena penggunaan narkoba dan kecanduan terhadap minuman beralkohol. Kami bawa doa ini ke hadapanMu, ya Allah.

Jemaat : Tuhan, Allah kami, dengarkanlah doa kami.

L1 : Ya Tuhan, Engkau telah menciptakan kami segambar dengan Mu dan Engkau mengetahui keseluruhan diri kami. Kami mohon, kiranya Engkau berkenan atas doa-doa kami dan memberikan kami hikmat untuk memelihara dan menjaga ciptaanMu.

L2 : Kami berkomitmen untuk menjaga ciptaanMu dengan terus meningkatkan  kesadaran  tentang  pengelolaan  sampah, tentang menjual emas dengan harga yang lebih adil, dengan mempraktekkan pertanian hijau dan juga dengan bekerja untuk membuat akses terhadap air bersih dapat terbuka bagi semakin banyak orang.

Jemaat : Kami berkomitmen untuk terus mencari cara-cara baru yang kongkrit dalam hidup kami setiap hari untuk mengekspersikan pemeliharaan alam. Kami juga akan berusaha agar diri kami, keluarga, komunitas, gereja bahkan pemerintah mampu melindungi bumi demi masa depan anak cucu kami.

 

keluarga, komunitas, gereja bahkan pemerintah mampu melindungi bumi demi masa depan anak cucu kami.

L1             :     Mari kita mengucapkan Doa Bapa Kami secara bersama-sama

 

  1. PERSEMBAHAN

Diiringi Lagu : Betapa Kita Tidak Bersyukur (KJ 337: 1-dst)

(Jemaat diundang berdiri)

DOA PERSEMBAHAN

 

  1. NYANYIAN PENUTUP : Semua Bunga Ikut Bernyanyi (KJ. 176:1-2)

 

  1. PENUTUP/BERKAT

Pendeta :

Jemaat : Amin

Jemaat Menyanyi : Haleluya 5X, Amin 3X

 

 

 

 

PETUGAS IBADAH MINGGU, 4 MARET 2018

MAJELIS JEMAAT

KEBAKTIAN I (07.00) KEBAKTIAN II (10.00) KEBAKTIAN III (18.00)
  1.  Pnj. Benyamin Herman H Pnt. Magdalena Hehakaya Dkn. Bambang Trispriyandaru
  2.  Pnj. Marliantini Korasa Pnj. Lende Tanggela Pnt. Suhito
  3.  Dkn. RE. Takari Palinggi Pnt. Fransina Atading L Pnt. Priska Soetapa
  4.  Pnj. Ussyana Dethan Dkn. Ketut Sutrisna Soekaria Pnj. Tumiyati Bambang S
  5.  – Dkn. Ratnawati Dkn. Nyoman Nurhandayani
  6.  Pnj. Bayu Widjayanto Pnj. I Wayan Suarya
  7.  Pnt. Yossy Maykel Puturuhu Dkn. Putu Steven Eka Putra Pnt. I Made Sumarna
  8.  Pnj. I Ketut Dharma Pnt. Rini F. Yani Dkn. GA. Stiti Sudastri
  9.  Pnt. Julianto Ari Saputra Pnj. I Wayan Sudana Dkn. Luscius J. Riwu Kore
 10. Pnj. IGM. Samekto PY Dkn. Budi Listianto Pnj. Krisna Putra
 11. Dkn. I Made Agus Miadi Pnj. Istia Dirk Pnt. I Made Kertiyana
 12. Pnt. Djois Waluwanja Dkn. Ni Putu Widani Astuti

 

 

BPI “FAJAR KASIH” (10.00)
Pnt. Made Rai Miarsa Dkn. Sunarno

 

 

PELAYAN MUSIK IBADAH MINGGU DAN TIM MULTIMEDIA

TUGAS PELAYAN MUSIK PEMANDU PUJIAN TIM MULTIMEDIA
Kebaktian I Cahyo

Joseph

Yan Tonga Quentin

Aprian

Dayu
Jolly
Kebaktian II Yustin

Joses

Tata

Eycia Yitro

Agus

Eka
Nanda
 Kebaktian III Venny

Harry

Shanti Sixtus

Gusna

N. Santi
BPI “Fajar Kasih” Iwan Hanna