Kuasa Roh Allah

Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan sangat berpengaruh pada perkembangan senjata perang. Belakangan merebak virus corona yang merenggut banyak nyawa dan tersebar hampir ke seluruh dunia. Beberapa sumber berpendapat bahwa virus corona sengaja dibuat sebagai salah satu bentuk senjata biologi. Bukan hanya senjata biologi, ada juga senjata kimia dan bom nuklir yang telah disiapkan oleh beberapa negara. Senjata-senjata ini tentunya jauh lebih canggih dan mematikan dibandingkan dengan senjata perang pada zaman Daud.

Pedang, tombak, lembing, baju zirah adalah perlengkapan perang yang wajib disiapkan dan dipakai saat seorang prajurit maju berperang pada zaman Daud. Namun, ketika Daud melawan Goliat, ia membuktikan bahwa ada hal yang jauh lebih hebat dari semua senjata perang yang ada, dan ada perlindungan yang lebih kuat dari baju zirah yaitu kuasa atau kekuatan Roh Allah. Daud berkata kepada orang Filistin itu (Goliat): Engkau mendatangi aku dengan pedang dan tombak dan lembing, tetapi aku mendatangi engkau dengan nama TUHAN semesta alam. Dengan pertolongan kuasa Allah, Daud pun merubuhkan Goliat yang gagah perkasa hanya dengan satu kali lemparan batu dengan umbannya, dan tidak mengalami luka sedikit pun. Dengan kekuatan Allah yang sama kita pun bisa mengalahkan musuh terbesar manusia yaitu Iblis. Kuasa Roh Allah melatih kita sebagai prajurit untuk berani melawan tipu muslihat Iblis, untuk hidup benar, untuk memiliki hati yang terus terpanggil berbuat adil, dan kuasa Roh Allah membentuk kita menjadi pribadi yang bersedia bekerja dengan ikhlas (kerelaan) terutama dalam memberitakan Injil. Inilah senjata perlindungan yang Allah beri untuk melawan Iblis yang terus meyerang dan membombardir anak-anak Tuhan dengan tipu muslihatnya.

Hipotesa perang dunia ke- mendorong negara-negara untuk menyiapkan berbagai jenis senjata perlindungan, termasuk juga Indonesia. Mungkin senjata perang negara kita tidak secanggih bangsa lain, tetapi bukan hal yang naif kalau kita bergantung pada kuasa dan perlindungan oleh Roh Allah. Bukan jimat, bukan juga mantra-mantra yang menjadi senjata untuk membuat Iblis kalah, tetapi kuasa kekuatan Roh Allah yang hadir dalam kebenaran, keadilan dan kerelaan itulah yang melindungi kita dari tipu muslihat Iblis dan membuat si Iblis kalah. Kuasa Roh Allah sungguh ada dan sanggup melindungi bangsa Indonesia dan juga melindungi orang-orang yang dikasihi-Nya. ( DS )

 

Bacaan Alkitab: 2 Korintus 3: 2-8 (9); 2 Timotius 4: 1-8

Doa: Seperti hamba-Mu Daud, pakailah kami untuk menyatakan kuasa, kekuatan Roh Allah di mana pun kami berada. Amin.