DIA Bangkit dan Membawa Terang

Minggu, 12 April 2020

 

Sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa; tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu. Yesaya 60: 2

 

Pagi-pagi sekali waktu matahari terbit, pada hari pertama minggu itu, mereka (Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome) pergi ke kuburan. mereka berkata satu sama lain, “Siapakah yang dapat menolong kita menggeserkan batu penutup pada lubang kubur?……Tetapi setibanya di situ mereka melihat batu itu sudah terguling. Markus 16: 1-4 BIS

“The Davinci Code”, adalah sebuah novel fiksi best seller karya Dan Brown yang menceritakan bagaimana seorang ahli simbol bernama Robert Langdon terlibat dalam sebuah konspirasi tingkat tinggi dalam komunitas bernama Priory Of Sion dan Opus Dei. Teori fenomenal dalam buku ini mengatakan bahwa Yesus Kristus tidak pernah mati, apalagi bangkit dari antara orang mati, melainkan terus hidup, menikah dengan Maria Magdalena dan memiliki keturunan. Langdon kemudian menyajikan teorinya dengan karya-karya Leonardo Da Vinci yang diduga adalah anggota komunitas Priory Of Sion, sebuah komunitas yang didirikan untuk melindungi garis keturunan Yesus. Kebangkitan Kristus merupakan sesuatu yang sudah sangat lama diperdebatkan. Banyak teori bermunculan untuk membuktikan bahwa kebangkitan orang mati adalah hal yang mustahil. Bagi sebagian orang, kebangkitan dari antara orang mati mungkin terdengar “mustahil”, namun kebangkitan Yesus mengguncang pengetahuan manusia yang terbatas, sehingga teori-teori konspirasi mulai bermunculan.

Para perempuan yang datang ke kubur Yesus diberi anugerah untuk dapat menyaksikan sendiri peristiwa kebangkitan Kristus. Awalnya mereka takut dan ragu, namun pada kuasa kebangkitan Kristus memberikan cahaya baru dalam kehidupan rohani mereka, sehingga hati yang diliputi oleh kegelapan karena duka dan takut, menjadi terang karena ada sebuah pengharapan. Pengharapan inilah yang juga dipakai oleh Yesaya untuk menghibur bangsa Israel yang sedang dalam masa kekelaman pasca pembuangan di Babel. Yesaya bernubuat bahwa Allah yang Mahakasih itu tidak akan meninggalkan bangsaNya, melainkan dengan caraNya yang ajaib akan menyinari bangsa pilihanNya tersebut dengan segala kemuliaanNya.

Kebangkitan Kristus adalah tema utama dalam iman Kristen. Tanpa kebangkitan, maka kelahiran dan kematian Yesus tidak akan ada artinya. Bukti dari kebangkitan Kristus adalah kehadiran seluruh orang percaya mula-mula sampai dengan saat ini. Kebangkitan Kristus membawa terang dan menyinari kehidupan kita yang semula kelam, rusak dan kehilangan harapan. Proses transformasi inilah yang membuat kita mengimani bahwa ada kuasa yang sangat besar, yang sanggup mengubahkan dan memulihkan keadaan yang diliputi oleh kegelapan. Hal ini membentuk iman, yang membuat kita percaya bahwa Yesus sudah bangkit, membawa terang dan memerdekakan kita dari kegelapan maut. Selamat menghayati Kebangkitan Yesus yang membawa terang. (AETB)

 

Bacaan Alkitab: Markus 16: 1-8; 1 Korintus 15: 1-11