Dalam Masalah

Apakah Anda pernah menasihati seseorang namun ia tak menggubrisnya? Ditunjukkan jalan terbaik namun memilih jalannya sendiri. Atas keputusannya itu di tengah perjalanan ia menghadapi kesulitan besar, lalu Anda mengetahuinya. Tak hanya itu, ia datang meminta pertolongan kepada Anda. Apa respons Anda? Bagi banyak orang ia akan mengungkap nasihat yang pernah diutarakannya dulu. Ada pula yang melampiaskan kekesalannya sembari berkata, “Tanggung sendiri akibatnya, siapa suruh tak mau dinasihati.” Ada pula yang mungkin tak mau tahu sama sekali.

Lot mengalami kesusahan besar karena pilihannya sendiri. Ia memilih lembah Yordan yang banyak air seperti taman TUHAN dan membiarkan Abram sang paman memilih daerah yang tandus. Lot bersama keluarganya, juga harta bendanya ditawan musuh dan dibawa pergi. Abram saat mendengar berita itu punya alasan berkata, “Rasakan sendiri akibatnya, itu kan pilihannya.” Namun ia memilih hal sebaliknya. Karena kasihnya kepada Lot, Abram menyiapkan orang-orang terbaiknya dan memimpin sendiri pasukan itu untuk menyelamatkan Lot dan keluarganya dari tawanan musuh.

Kita adalah orang-orang berdosa, dalam banyak hal kadang-kadang mengikuti kehendak sendiri lalu terjebak dalam masalah besar. Tetapi kasih Allah tak pernah berpaling dari kita. Ia tak pernah mengungkit-ungkit masa lalu kita melainkan tangan-Nya selalu terbuka untuk menyambut kita. Karena kasih-Nya kepada kita, Ia sendiri datang menyelamatkan kita. –PRB/www.renunganharian.net

MEREKA YANG MENANTI-NANTIKAN TUHAN DAN BERSERU KEPADA-NYA,
MAKA TUHAN AKAN MENOLONGNYA MENGHADAPI PERMASALAHAN MEREKA.