Berakar Dalam Kristus

Perhatikanlah sebuah pohon yang tinggi, dengan batang pohon yang besar, dengan dahan dan ranting kokoh dan daun yang lebat. Amati dimana letak kekuatan pohon itu? Apakah pada dahannya atau batangnya? Tidak. Sesungguhnya letak kekuatan pohon itu ada pada akarnya. Seberapa dalam akar-akar pohon itu menancap dalam tanah akan menentukan kekokohan pohon itu menghadapi terpaan angin kencang dan badai sekalipun. Sebuah penelitian mengungkapkan pohon juga dapat menjadi petunjuk arah jika kita tersesat dalam hutan.

Kehidupan beriman kepada Yesus dapat diibaratkan seperti sebuah pohon yang bertumbuh. Seberapa dalam kita mengakar dalam Yesus akan sangat menentukan seberapa kokoh kita dapat bertahan menghadapi badai kehidupan di dunia ini. Kepada Jemaat di Kolose, Paulus menekankan betapa pentingnya kita hidup dalam Kristus atau dalam bahasa Paulus kita mengalami kepenuhan Kristus. Kepenuhan Kristus dapat dilihat dari ciri seperti yang disampaikan Paulus: berakar dalam Dia, dibangun di atas Dia, bertumbuh dan bertambah teguh dalam keyakinan kepada Dia, yang akhirnya akan menghasilkan buah sukacita dan limpahan syukur. Hidup dalam kepenuhan Kristus memberikan keyakinan bahwa sebenarnya dalam keadaan apapun kita tahu Tuhan tidak pernah meninggalkan kita.

Jika salah satu keunikan pohon adalah dapat menjadi petunjuk arah maka dalam doanya Salomo mengajak umat Israel agar menjadikan Bait Suci yang telah dibangun menjadi petunjuk arah/kiblat beriman bangsa Israel sebab di Bait Suci Allah berjanji akan berdiam di dalamnya. Tidak hanya umat yang diingatkan menjadikan Bait Suci sebagai kiblat beriman, tetapi Salomo juga memohon Allah mencondongkan hati umat kepadaNya, sehingga kehidupan bangsa Israel berpadanan dengan jalan yang ditunjukkan Allah. Semoga kitapun tidak hanya menjadikan Kristus sebagai petunjuk hidup beriman tetapi mengalami kepenuhan Kristus. ( FAO )

 

Bacaan Alkitab: Lukas 11 (1-4) 5-13; 1 Timotius 2: 1-6a; Mazmur 92

Doa: Ya Tuhan, Tolong kami agar kami terus berakar di dalam Kristus, dibangun di atas Kristus, dan tetap teguh beriman kepada Kristus. Amin.