Alternatif

Alternatif. Kata ini sering ditempelkan dengan kata lain untuk menunjukkan bahwa ada yang berbeda dengan yang biasanya ada. Misalnya, ada jalan alternatif, pengobatan alternatif.

Firman Tuhan dalam Surat Paulus kepada jemaat di Roma ini jelas mengatakan bahwa orang Kristen tidak boleh menjadi serupa dengan dunia. Harus berbeda dengan dunia dan tidak boleh sama dengan dunia, termasuk tidak boleh sama dengan cara-cara yang dunia pergunakan. Bila dunia menganggap biasa dan sepele tindakan korupsi, orang Kristen tidak boleh melakukannya dan malahan harus melawannya. Bila dunia menganggap biasa dan sepele masalah kekerasan terhadap perempuan dan anak, maka orang Kristen harus anti kekerasan terhadap perempuan dan anak, termasuk anti tindakan yang melecehkan martabat perempuan. Bila dunia suka dengan kejahatan, orang Kristen hendaknya getol lakukan kebaikan. Yang lain tidak jujur, kita jujur. Yang lain curang, kita tidak.

Langkah pertama mengalami perubahan budi dan diri sehingga sama, selaras dan setujuan dengan kehendak Tuhan, yaitu melakukan yang baik, berkenan dan sempurna menurut Tuhan. Selanjutnya, kita terpanggil melakukan berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati (lih. Mi. 6:8). Inilah cara orang Kristen memperlihatkan bahwa ada kehidupan alternatif kepada dunia ini. Kita harus melakukan dan dengan demikian menawarkan nilai-nilai alternatif kepada dunia ini. Nilai-nilai yang harusnya membawa dampak perubahan dalam kehidupan. –AAS/www.renunganharian.net

DUNIA MENANTIKAN NILAI-NILAI KEHIDUPAN YANG BERBEDA
DARI ORANG KRISTEN, UTAMANYA NILAI-NILAI KASIH.