LITURGI HARI PERSEKUTUAN PEREMPUAN GEREJA ASIA (ACWC DAY) 2019

TATA IBADAH

HARI PERSEKUTUAN PEREMPUAN GEREJA ASIA

(ACWC DAY) 2019

 

MINGGU, 24 NOVEMBER 2019

 

HARI MINGGU TERAKHIR TAHUN GEREJA

(Minggu Kekekalan)

Dipersiapkan oleh

Kelompok Kerja Perempuan Oikoumenis, Dewan Gereja Thailand

(yang telah disesuaikan dengan kondisi JKK)

 

Tema

Hidupku yang Terabaikan untuk Kehidupan yang Berlimpah

 

Dilayani oleh : Pdt. Ni Luh Yuni Ambarawati, S.Si (Pk. 18.00 wita)

 

 

Persiapan Jemaat    : Doa pribadi

  Persiapan Pendeta, Majelis Jemaat

  Pemandu Pujian, dan Organis    : Doa bersama di Konsistori

 

Gong dibunyikan 7 kali (3+3+1) Jemaat bersama-sama berdiri, Majelis (3) keluar dari Konsistori membawa lilin yang menyala sebagai lambang Theopani, diikuti Majelis (7) yang mengambil api lilin untuk dibawa kebalai serbaguna & Majelis (1) yang mengajak Jemaat memulai ibadah.

  1. UCAPAN SELAMAT DATANG

P.1    :     Selamat datang kepada Saudara-Saudara semua pada perayaan Hari Persekutuan Perempuan Gereja Asia 2019!

Kami mengirim salam dari Thailand. “Thailand” berarti “Tanah Bebas”, dan kami bergabung dengan sembilan belas negara anggota Persekutuan Perempuan Gereja Asia untuk memuji Tuhan dan berterima kasih atas karunia Iman Kristen yang telah kami terima.

Kami menjunjung tinggi di hadapan Tuhan, tema Persekutuan Perempuan Gereja Asia ini. Hidupku yang Terabaikan untuk Kehidupan yang Berlimpah. Kami memuji Tuhan atas keindahan bumi: gunung-gunung, sungai-sungai, lautan, dan kebebasan yang harus kita semua jelajahi. Mari kita berdoa dengan sungguh-sungguh hari ini dan di masa depan untuk keberanian untuk bekerja demi cita-cita tema hari ini sehingga, para pengikut Kristus dipanggil untuk berpartisipasi dalam pelayanan pemberian kehidupan Allah yang didasarkan pada keadilan dan kedamaian Allah bagi seluruh ciptaan.

Mari kita saling menyapa seperti yang sering kami lakukan di Thailand “Sawadee-Ka/Selamat Datang”.

 (jemaat diundang berdiri)

  1. PANGGILAN BERIBADAH

P.2 : Pada mulanya adalah Firman, dan Firman itu bersama Allah, dan  Firman adalah Tuhan. Dia pada awalnya dengan Tuhan. Segala sesuatu datang melalui dia, dan tanpa dia tidak ada satu pun menjadi ada. Dalam dirinya ada hidup, dan hidup adalah terang semua orang. Dengan sepenuh hati aku memuji Tuhan. Dan dengan semua itu aku memuji nama-Nya yang kudus. Dengan sepenuh hati aku memuji Tuhan. Aku tidak akan pernah melupakan betapa baiknya Tuhan selama ini. Tuhan mengampuni dosa-dosa kita, menyembuhkan kita ketika kita sakit. Dan melindungi kita dari kematian. Kebaikan dan cinta-Nya adalah mahkota di kepala kita. Setiap hari kita hidup, dia menyediakan kebutuhan kita. Dan memberi kita kekuatan elang muda.

Jemaat : Namun kami menemukan bahwa orang berjalan dalam kegelapan, Hidup dalam kondisi yang menyangkal kehidupan. Bekerja untuk mereka yang memeras kehidupan dari mereka, mendukung sistem dan struktur yang mematikan!

P.2 : Yesus berkata, “Akulah kebangkitan dan hidup.” (Yohanes 11:25) “Aku datang agar kamu memiliki hidup – kehidupan dengan segala kepenuhannya.” (Yohanes 10:10) Mari kita memuji dan menyembah Tuhan Kehidupan.

Jemaat : Amin

 

Nyanyian pembukaan : Hai Makhluk Alam Semesta (KJ. 60:1,7)

 

Prosesi Pendeta dan Majelis Jemaat memasuki ruang ibadah

 

  1. VOTUM DAN SALAM

 

Pendeta    :     Sidang jemaat, Tuhan berkenan hadir dalam persekutuan ibadah Hari Persekutuan Perempuan Gereja Asia (ACWC) kita. Sekarang kita berada dihadapan-Nya. Marilah kita merendahkan diri dihadapan-Nya dan mengaku dengan bersama-sama mengucapkan bahwa :

Pdt + Jem : “Pertolonganku datang dari pihak Tuhan yang menjadikan langit dan bumi. Ia tetap setia untuk selama-lamanya”.

Pendeta : “Salam sejahtera dari Allah Bapa, Putra, Roh Kudus, kepada Saudara.”

Jemaat : Salam sejahtera bagi Saudara juga.

Bersama : menyahut 5   3   4   5   6   5   4   5  .   .

A    .    .     .     .     .     min

(Jemaat duduk kembali)

  1. INTROITUS : Lukas 12:35

Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala.

 

Jemaat menyanyi : Engkau Milikku Abadi (NKB. 184:1-2)

 

  1. PEMBACAAN RESPONSORIA

P.3           :     Betapa berharganya kasih setiaMu, ya Tuhan!

Jemaat   :     Semua orang berlindung dalam bayang-bayang sayapMu.

P.3           :       Mereka merayakan kelimpahan rumahmu,

Jemaat   :       Engkau memberi mereka minum dari sungai kelimpahanMu

P.3 : Karena bersamamu adalah sumber kehidupan;

Jemaat : Dalam terangMu, kami melihat cahaya

 

  1. DOA BERKAT UNTUK ANAK-ANAK SM/REMAJA

 

  1. PENGAKUAN DOSA

P.4 : Tuhan yang paling suci dan penuh belas kasihan, kami mengaku kepadaMu bahwa kami telah berdosa terhadap Tuhan dengan apa yang telah kami lakukan, dan dengan apa yang kami tidak perdulikan. Kami belum mencintaimu dengan segenap hati, pikiran, dan kekuatan kami. Kami belum sepenuhnya mencintai tetangga kami seperti diri kami sendiri. Kami tidak selalu mengikuti rencana Tuhan.

Tuhan tahu seberapa sering kami membuat Tuhan sedih dengan membuang-buang pemberian Tuhan, dengan mengembara dari jalan Tuhan. Ampuni kami ya Tuhan, kami berdoa kepada Tuhan, Tuhan yang Maha pengasih; yang membebaskan kami dari dosa. Baharui kami dengan kasih dan kekuatan Roh Kudus Tuhan demi Yesus Kristus, PutraMu, Juru Selamat kami, Amin.

Jemaat Menyanyi : Nikmat Dunia Menggodaku (NKB. 187:1-2)

 

  1. BERITA ANUGERAH
  2. 5 : Kami percaya pada Tuhan yang menciptakan dunia yang indah ini di mana kematian dan kehancuran, penyakit dan penderitaan tidak dapat, dan tidak boleh, menjadi kata terakhir. Karena itu Tuhan menciptakan

saudara dan saya untuk memelihara bumi ini, untuk mengangkat kehidupan satu sama lain, untuk saling melayani dalam kasih seperti yang ditunjukkan Allah kepada kita di dalam Kristus.

Tuhan memanggil kita sekarang untuk menyembuhkan dunia dan umatnya, untuk meringankan setiap penderitaan, dengan menjangkau dalam pelayanan yang penuh kasih. Kepada mereka yang hancur karena musibah dan perselisihan, dan dengan demikian mengembalikan mereka ke keutuhan.

Jemaat Menyanyi : Di Hatiku, Ya Yesus (PKJ. 198:1-2)

  1. PEMBERITAAN FIRMAN TUHAN
  • Doa untuk Pembacaan Firman dan Kotbah
  • Pembacaan Firman     :     Yohanes 10:1-13
  • Kotbah
  • Saat teduh (diiringi instrumental)

 

  1. PADUAN SUARA/VG

 (Jemaat berdiri)

  1. PENGAKUAN IMAN RASULI                                                          (MJ. 5)

(Jemaat duduk kembali)

  1. BERITA JEMAAT (MJ. 1)

 

  1. DOA SYAFAAT

P.6            :     Doa untuk Negara Mitra ACWC

Kami meminta berkah Tuhan pada Mitra Doa kami. Semoga Tuhan Yesus membangkitkan semangat mereka dan meningkatkan kasih mereka kepada-Nya dan menjadikan mereka kuat dalam keberagaman dan lemah lembut dalam hubungan mereka dengan teman dan keluarga. Semoga Tuhan, gembala besar kawanan-Nya memeluk mereka dalam pelukan-Nya

 

P.7 : Doa ACWC

O Pencipta yang Penuh Kasih, kami hadir di hadirat Tuhan untuk berterima kasih atas semua karunia kehidupan yang berlimpah. Kami sangat berterima kasih atas ACWC yang mengikat kami bersama dalam cinta dan dukungan di seluruh wilayah Asia. Bebaskan kami dari semua keraguan dan prasangka, kami berdoa. Memanggil kami untuk hidup dalam solidaritas dengan umat manusia agar kami tahu sukacita memberi dan menerima.

 

P.8 : Ya Tuhan, terimalah doa kami. Biarkan kami memelihara ciptaanMu dengan cinta seperti yang ditunjukkan melalui kehidupan dan kebangkitan Anakmu Yesus Kristus.

P.8 : Kami katakan bersama dalam iman

Jemaat : Kudus, suci, suci, adalah Tuhan Allah yang mahakuasa, yang dulu dan sekarang, dan akan datang

P.8 : Kami percaya pada Allah Bapa, yang menciptakan semua hal

Jemaat : karena dengan kehendaknya mereka diciptakan dan memiliki      keberadaan mereka

P.8 : Kami percaya pada Allah Anak, yang telah mati

Jemaat : karena dengan darahnya, dia menebus kita, dari setiap suku dan bahasa, dari setiap orang dan bangsa

P.8 : Kami percaya pada Roh Kudus

Jemaat : Karena dalam penyertaanNya selalu ada penghiburan dan kekuatan bagi setiap bangsa.

 

P.9 : Ya Tuhan, kami berdoa untuk saudara yang lain kepadaMu. Suara-suara kekerasan dan kemarahan ada di banyak tempat di sekitar kami. Tanah terluka oleh keserakahan dan tuntutan orang-orang. Dalam kesedihan yang mendalam, saudara dan saudari kami di banyak negeri menderita. Kami memohon kepadaMu untuk mengirimkan hujan belas kasihan ke tempat yang paling dibutuhkan. Hanya Tuhan yang dapat memberi perdamaian kepada kami.

Jemaat : Ya Tuhan, dengarkan doa kami untuk perdamaian.

 

P.10 : Bapa yang terkasih, kami tahu bahwa semua pemimpin kami di Gereja, di komunitas kami, dan di negara kami harus bijaksana. Banyak masalah di seluruh dunia dan membutuhkan kepercayaan antar negara. Kirimkan berkat kebijaksanaanMu, kami berdoa, bagi mereka yang memiliki tanggung jawab. Tunjukkan pada para pemimpin kami pilihan yang tepat dan jalan yang benar. Hanya Tuhan yang dapat memberikan hadiah kebijaksanaan.

 

 

Jemaat    :     Ya Tuhan, dengarkan doa kami untuk kebijaksanaan.

  1. 11 : Ya Tuhan Yesus, ada banyak penyakit di dunia saat ini. Banyak yang menderita HIV-AIDS; dari epidemi serius influenza dan dari penyakit lokal. Sama seperti Tuhan berjalan di antara orang sakit dan menyentuh mereka dengan tanganMu, kami memohon kepada Tuhan hari ini untuk menyembuhkan yang sakit. Hanya Tuhan yang dapat membawa karunia kesembuhan.

Jemaat : Ya Tuhan, dengarkan doa kami untuk kesembuhan.

 

P.12 : Ya Roh Kudus, ada kegelapan di dunia; awan ketidakpercayaan dan penyembahan materialisme. Banyak orang dipenuhi dengan keputusasaan, dan kehilangan harapan di masa depan. Bersinar melalui firman Tuhan, kami berdoa, sehingga cahaya sejati dan cinta sejati Allah dapat menghujani bayang-bayang kejahatan di negeri kami. Hanya Tuhan yang dapat memenangkan pertempuran spiritual dengan pemberian berkat Tuhan.

Jemaat : Ya Tuhan, dengarkan doa ini supaya menjadi berkat. Gunakan kami untuk membawa cinta dan belas kasihMu, kami doakan, melalui kekuatan namaMu; Bapa, Putra, dan Roh Kudus, Amin.

 

P.13 : Bersama kami memiliki kehidupan yang berlimpah di mana kami dapat hidup dalam kebersamaan dengan semua orang. Bersama-sama, dapatkah kita hidup dalam hubungan dengan semua makhluk, semua makhluk hidup dan semua alam di mana kita bukan satu-satunya penerima manfaat dari sumber daya bumi? Bisakah kita hidup bersama dalam hubungan dengan Tuhan sehingga identitas dan kesejahteraan kita didasarkan pada pengetahuan bahwa Tuhan itu Kasih?

Pdt : Pergilah sekarang dalam kedamaian; bergerak Maju dalam Kasih Tuhan.

Semua : Amin

 

  1. REFLEKSI

P.14 : Saat ini banyak orang dan komunitas Asia di seluruh dunia menyerukan keadilan dan perdamaian. Dari pengalaman ketidakadilan dalam berbagai aspek kehidupan mereka, sementara kengerian perang, konflik, dan budaya balas dendam terus menciptakan siklus kekerasan, trauma, dan kesedihan. Kami telah mengamati meningkatnya ketegangan dan meningkatnya konflik di masyarakat Asia dan global yang menyebabkan disintegrasi sosial. Kekerasan terhadap perempuan, anak-anak dan masyarakat terpinggir telah menjadi kenyataan sehari-hari. Ancaman tenaga nuklir tidak bisa dihindari. Di banyak tempat, orang-orang Asia juga menanggung beban bencana ekologis yang mengerikan yang menggusur orang dan meningkatkan insiden penyakit dan masalah sosial lainnya. Di tengah-tengah tanda-tanda kematian ini, gereja-gereja di Asia terpanggil untuk mewartakan kabar baik tentang Yesus Kristus yang mengatakan, ”Aku datang supaya mereka memiliki kehidupan, dan memilikinya dengan berlimpah.” (Yohanes 10: 10). Di tengah-tengah tantangan yang semakin memuncak ini, para pengikut Kristus dipanggil untuk berpartisipasi dalam pelayanan pemberian hidup yang didasarkan pada keadilan dan kedamaian Allah bagi seluruh ciptaan.

 

 

pah.” (Yohanes 10: 10). Di tengah-tengah tantangan yang semakin memuncak ini, para pengikut Kristus dipanggil untuk berpartisipasi dalam pelayanan pemberian hidup yang didasarkan pada keadilan dan kedamaian Allah bagi seluruh ciptaan.

 

  1. PERSEMBAHAN

Jemaat Menyanyi     :  Sudahkah Yang Terbaik Kuberikan (NKB. 199:1-dst)

(Jemaat diundang berdiri)

DOA PERSEMBAHAN                                                                                   (MJ. 6)

 

  1. NYANYIAN PENUTUP : Tuhan, Kau Gembala Kami (KJ. 407:1)

 

  1. PENUTUP/BERKAT

Pdt : Kirimkan kami Yesus yang terkasih ke duniaMu,

Dengan kepedulian,

Dengan belas kasihMu,

Dengan cintaMu.

Jemaat : Agar semua orang di mana pun, tahu nama Tuhan, menyanyikan pujian kepadaMu, dan berbagi dalam sukacita kerajaanMu.

Pdt : Terima kasih Tuhan atas tuntunan dan penyertaan Tuhan sehingga ibadah kami pada saat ini dapat berjalan dengan baik. Terimalah berkat Tuhan: Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan dan berkat, Amin

Jemaat Menyanyi : Haleluya 5X, Amin 3X

 

PETUGAS IBADAH MINGGU, 24 NOVEMBER 2019

MAJELIS JEMAAT

KEBAKTIAN I (07.00) KEBAKTIAN II (10.00) KEBAKTIAN III (18.00)
  1. Dkn. RE. Takari Palinggi Pnt. Esther S. Salempang Pnj. Esther S. Budhiningsih
  2.  Pnj. Lende Tanggela Dkn. Sunarno Pnj. Ni Nym Ayu Mirah S.
  3.  Pnt. Djois Waluwanja Pnt. Sonya M. Johannes Dkn. Ni Putu Widani Astuti
  4.  Pnj. Domu Wardji Dkn. Andreas Fengky K Dkn. Ratnawati
  5.  Pnt. Yulius Sukristanto Dkn. Abner Cahya Bawono Pnt. Rini F. Yani
  6.  Dkn. Ni Gst. Ayu Stiti Sudastri Pnt. Julianto Ari Saputro Pnj. Tuary Shinta R. Sitompul
  7.  Pnj. Hendry L. Tobing Pnt. Yossy Maykel Puturuhu Dkn. Haryono Wonojoyo
  8.  Pnt. Yohanes Santoso Pnj. Supriyono Pnj. Perdana Bayu Aji
  9.  Dkn. I Made Suartana Pnj. Krisna Putra Pnt. I. G. Rai Daniel Ari P.
 10. Pnt. Magdalena Hehakaya Pnj. Marliantini Korasa Dkn. Budi Listianto
 11. – Pnt. Christimulia P. Trimurti Pnj. R. Suyarto
 12. – Dkn. Nengah Santi

 

BPI “FAJAR KASIH” (10.00)
Pnt. Frans Ferdinand Bule L. Dkn. Rusmini Pnj. Jamiati

PELAYAN MUSIK, PEMANDU DAN TIM MULTIMEDIA

TUGAS PELAYAN MUSIK PEMANDU PUJIAN TIM MULTIMEDIA
Kebaktian I Titis

Tata

Hanna

Yan Tonga

Andre

Reza

Kebaktian II Iwan

Agi

Nanda

Devy

Jolly

Aprian

Sixtus

Kebaktian III Dessi

Berta

Christian

David

Eva K.

Eka

Gusna

Yitro

BPI “Fajar Kasih” Dessi Sri